Rumus Pembagian, Perkalian, Penjumlahan, dan Pengurangan di Excel

6 Feb 2024 11:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi data-data yang diproses di Microsoft Excel. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi pengguna Microsoft Excel, kamu harus mengetahui berbagai rumus yang tersedia di sana, termasuk rumus pembagian Excel. Hal ini untuk memudahkan saat mengolah data yang berkaitan dengan angka. Berikut rumus pembagian dalam Microsoft Excel.

Microsoft Excel masih sering digunakan terutama oleh pekerja kantoran. Alasannya adalah karena rumus di Excel sangat membantu dalam segala hal yang berkaitan dengan penghitungan data. Tak heran jika menguasai Microsoft Excel termasuk sesuatu yang mendasar bagi profesi tertentu.

Salah satu rumus yang juga digunakan dalam pengolahan data Excel adalah pembagian. Namun, tidak semua mengerti cara menerapkan rumus tersebut. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui rumus pembagian Excel.

Rumus pembagian Excel

Ada beberapa rumus pembagian dalam Excel yang bisa kamu coba, diantaranya:

  • Rumus pembagian Excel sederhana

Caranya adalah dengan menggunakan simbol garis miring (/). Simbol ini ditempatkan diantara bilangan angka yang akan dibagi pada cell. Misalnya, kamu ingin membagi angka 25 dengan 5. Maka, rumus yang dituliskan adalah =25/5, kemudian tekan “Enter”. Hasil pembagiannya pun akan terlihat yaitu 5.

Perlu diingat, setiap memasukkan rumus dalam Excel, perlu untuk diberi tanda sama dengan (=) terlebih dahulu sebagai penanda bahwa itu adalah penghitungan rumus.

  • Rumus pembagian Excel antar cell

Kamu juga bisa menerapkan rumus di atas untuk pembagian antar cell. Misalnya, kamu ingin membagi angka dalam cell A3 dengan B3. Rumus yang dituliskan adalah =A3/B3, kemudian tekan “Enter”. Hasilnya pun akan terlihat di kolom tersebut.

Jika ingin menerapkan rumus yang sama pada cell di bawahnya, cukup klik ujung kanan cell, kemudian drag (tarik) ke bawah. Kamu juga bisa menggunakan fitur AutoFill. Dengan begitu, kamu tidak perlu menulis ulang rumusnya sehingga bisa lebih hemat waktu.

Rumus Excel yang berguna

Selain rumus pembagian seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berikut beberapa rumus Excel yang berguna bagi penghitungan data:

  • Rumus penjumlahan

Kamu bisa menuliskan “=SUM(” untuk menjumlahkan data. Setelah mengetik rumus tersebut, klik cell yang berisi nominal yang ingin dijumlahkan, pisahkan dengan “;”, kemudian klik lagi cell lain yang berisi nominal yang ingin dijumlahkan. 

Agar lebih praktis, kamu bisa klik satu cell, kemudian drag cell di bawahnya sampai nominal terakhir yang ingin dijumlah. Setelah semua angka dimasukkan, masukkan “)”, kemudian “Enter”. Berikut contohnya:

=SUM(A1;A2;A3;A4) atau =SUM(A1:A4).

  • Rumus pengurangan

Kamu bisa menuliskan “=MIN(“ untuk mengurangi data. Setelah mengetik rumus tersebut, klik cell yang berisi nominal yang ingin dikurangi. Pisahkan dengan “-”, kemudian klik cell lain yang ingin dikurangi. Klik “Enter”. Berikut contohnya:

=MIN(A1-D4).

  • Rumus perkalian

Kamu bisa menuliskan “=(cell yang ingin dikali”. Selanjutnya, pisahkan dengan “*”, kemudian pilih cell lain yang ingin dikali. Klik “Enter” setelah rumus dimasukkan. Berikut contohnya:

=(A1*D4).

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER