Saat Jokowi Panggil Xi Jinping Kakak Besar dan Singgung Kereta Cepat Jakarta-Bandung

16 November 2022 08:04

Narasi TV

Presiden Joko WIdodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping (kiri) saat pertemuan bilateraL usai digelarnya KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Penulis: Antara

Editor: Akbar Wijaya

Presiden RI Joko Widodo menyapa Presiden China Xi Jinping dengan sebutan kakak besar.

Sapaan itu disampaikan Jokowi saat pertemuan bilateraL antara Indonesia-China usai penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20 Indonesia di Bali, Rabu (16/11/2022).

"Sekali lagi saya ingin menyampaikan selamat datang di Bali kepada Presiden Xi Jinping dan senang sekali saya dapat menyambut kakak besar di Bali setelah pertemuan kita di Beijing,” ujar Jokowi dalam pertemuan bilateral yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden di Bali, Rabu (16/11/2022) malam.

Jokowi juga mengucapkan selamat selamat kepada Xi Jinping yang kembali dipilih sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok.

Jokowi menambahkan optimismenya soal kereta cepat Jakarta-Bandung bisa beroperasi pada Juni 2023.

"Tadi kita juga telah melihat penyelesaian kereta api cepat Jakarta-Bandung dan saya optimistis kereta cepat ini dapat beroperasi pada bulan Juni 2023,” ujarnya.

"Mengenai progres kerja sama yang lain-lain tadi sudah kami sampaikan pada Presidensi," tambah Jokowi.

Pujian Jinping untuk Jokowi

Dalam kesempatan yang sama Xi Jinping mengaku sangat senang bisa bertemu Presiden Jokowi.

Ia menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi yang telah berhasil memimpin KTT G20.

Menurutnya, Presidensi Indonesia telah memperdalam tata kelola global serta mendorong pemulihan ekonomi dunia.

Jinping mengatakan sekitar tiga bulan yang lalu Jokowi menjadi pemimpin negara pertama yang diterima pihak Tiongkok sejak pandemi COVID-19 merebak. Di sisi lain ia juga memilih Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi sejak Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China selesai.

"Hal ini membuktikan hubungan yang penting antara China-Indonesia dalam kebijakan luar negeri kita masing-masing," kata Jinping.

Jinping juga menyatakan kereta cepat Jakarta-Bandung dan hasil kerja sama lain antara Indonesia-China tidak hanya memberikan kesejahteraan kepada rakyat dua negara, tapi juga memberikan hasil positif, baik di regional maupun global.

Menurutnya kerjasama Indonesia-China memberikan teladan bagi sesama negara berkembang untuk mewujudkan solidaritas mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan.

"Saya bersedia melakukan komunikasi strategis secara mendalam dengan Bapak Presiden untuk bersama-sama mendiskusikan bagaimana mengembangkan hubungan bilateral dan merancang cetak biru Pembangunan Senasib Sepenanggungan China Indonesia," kata Jinping

Ia juga berharap kerjasama Indonesia-China bisa berlangsung selama 100 tahun.

"Diharapkan China-Indonesia dapat bergandengan tangan dalam mewujudkan tujuan pembangunan 100 tahun masing-masing dan bersama-sama mempromosikan misi umat manusia demi perdamaian dan pembangunan."

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, 2.188 Personel Polda Jawa Tengah Disiagakan

TEKS

Demi Kereta Cepat Pemerintah Mau Korbankan Argo Parahyangan, DPR: Jangan Ditutup Begitu Saja!

TEKS

Hasil Autopsi Kakak Beradik Korban Kanjuruhan: Patah Tulang dan Pendarahan, Tak Ada Kandungan Gas Air Mata

TEKS

Jokowi Dinilai Restui Acara Relawan, Kenapa Kritik PDI Perjuangan Cuma Menyerang Relawan?

TEKS

Ada Kejengkelan ke Xi Jinping dan PKC yang Bikin Demonstrasi Menolak Pembatasan Ekstrim di China Awet

TEKS

Jordi Amat dan Sandy Walsh Jadi WNI, Iwan Bule Ikut Sibuk Mengurus KTP dan KK ke Dukcapil

VIDEO TERKAIT

14:33

Kesaksian Eliezer: Pertengkaran Sambo-Putri dan Perempuan di Rumah Bangka

13:13

Pelaku Perkosaan di Kemenkop-UKM Dipecat

02:38

Dari The Beast hingga Limosin Hongqi N701, Ini Deretan Mobil Canggih Pemimpin Negara di G20

14:45

Indra Kenz Divonis 10 Tahun Penjara, Asetnya Gak Dibalikin ke Korban?

02:48

Tegang Jelang G20 Aktivis YLBHI Rapat di Bali, Digeruduk dan Diusir

04:25

Tim Pesepeda Greenpeace Dihadang di Probolinggo, Dilarang Aksi Selama G20

15:00

Kesaksiannya Berubah-ubah, Ajudan Akhirnya Ngaku Takut Ferdy Sambo

21:51

Presiden Korea Selatan Minta Maaf atas Tragedi Itaewon

15:26

Luhut Sebut Harga BBM Naik Pekan Ini, Inflasi Bakal Makin Tinggi?

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya