Saat Milad ke-25 PBB Yusril Deklarasi Dukung Prabowo & Jokowi Ucapkan Selamat Via Video

31 Jul 2023 10:07 WIB

thumbnail-article

Bakal calon presiden dari partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) menyaksikan Ketua PBB Yusril Ihza Mahendra mengankat surat keputusan partai saat Milad ke-25 Partai Bulan Bintang (PBB) dan deklarasi calon presiden di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (30/7/2023).Partai Bulan Bintang mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024 - 2029. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

 
Perayaan hari lahir atau milad ke-25 Partai Bulan Bintang (PBB) menjadi momentum pendeklarasiaan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres). Deklarasi ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan DPP PBB Nomor 203236/PILPRES/2023 tentang Calon Presiden RI periode 2024-2029.
 
"Memutuskan, menetapkan calon presiden RI periode 2024-2029. Mengesahkan Haji Prabowo Subianto sebagai calon presiden RI yang didukung oleh Partai Bulan Bintang pada Pemilihan Umum tahun 2024," kata Sekretaris Jenderal PBB Afriyansah Noor saat membacakan surat keputusan di peringatan Milad ke-25 PBB di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (30/1/2023) siang.
 
Selanjutnya, Yusril selaku Ketua Umum menyerahkan secara resmi SK tersebut kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo tiba di lokasi kegiatan pukul 14.40 WIB dengan didampingi Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra. Kedatangan Prabowo disambut tepuk tangan meriah oleh ribuan peserta deklarasi.
 
"Insyaallah PBB telah menyatakan kesepakatan Pak Prabowo untuk menjadi capres," kata Yusril.
 
PBB meyakini Prabowo akan memenangkan pertarungan pada Pemilu 2024. Yusril juga mengajak partai politik lain untuk bersama-sama mendukung Prabowo Subianto, khususnya partai yang sampai hari ini belum memutuskan bakal capresnya.
 
"Saya mengajak partai lain, mari bersama-sama mendukung Prabowo, khususnya partai yang sampai hari ini belum memutuskan siapa capresnya," kata Yusril.
 
Yusril menyebut alasan mendukung Prabowo setelah melalui perenungan, kalkulasi panjang, dan perhitungan secara batiniah.
 
"PBB memutuskan untuk mencalonkan Prabowo sebagai capres, Insyallah sekali ini setelah Prabowo maju 2014, mungkin 2019 beliau belum memenangkan. Tapi kali ini insyaallah dukung PBB, Prabowo akan memenangkan pertarungan Pilpres 2024," katanya.

Yusril mengingatkan kembali peristiwa pada tahun 2004, di mana hanya dua partai yang mencalonkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla sebagai calon presiden, yakni Demokrat dan PBB. Lalu, belakangan PKPI ikut mendukung SBY-JK.
 
"Waktu itu dianggap pasangan 'underdog', pasangan yang tidak mungkin menang. Kami berusaha melakukan kegiatan sosialisasi dan kampanye. Alhamdulillah dengan dua putaran menang," ungkapnya.
 
Dia menilai Prabowo layak diberikan kesempatan karena memiliki pengalaman dan pengetahuan yang jauh lebih mampu memimpin bangsa dan negara.
 
"Untuk rakyat Indonesia, beri dukungan dan kesempatan kepada beliau. Dengan segala pengalaman, pengetahuan yang dia miliki, beliau jauh lebih mampu memimpin bangsa dan negara," kata Yusril menegaskan.
 
Deklarasi itu turut dihadiri Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Indonesia Anis Matta, dan Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan selamat atas perayaan milad ke-24 PBB melalui rekaman video.
 
"Saya menyampaikan selamat Milad yang ke-25 kepada ketua umum, dan seluruh jajaran pengurus Partai Bulan Bintang serta kepada seluruh keluarga besar dan kader PBB di mana pun berada," ucap Jokowi.
 
Jokowi meminta PBB turut menjaga kualitas Pemilu 2024, di antaranya dengan menjadikan pesta demokrasi sebagai ajang adu gagasan dan ide dengan penuh kegembiraan.
 
“Saya mengajak PBB untuk menjaga kualitas Pemilu 2024. Kita gelar pesta demokrasi rakyat yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraan. Kita jadikan pemilu sebagai ajang adu gagasan dan kontestasi ide,” kata Jokowi.

Jokowi mengajak partai yang dipimpin Ketua Umum Yusril Ihza Mahendra itu untuk membangun keteladanan dan tradisi politik yang baik. Presiden mengharapkan PBB turut menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam Pemilu 2024.
 
“Usia seperempat abad menandai kematangan untuk menjadikan partai yang semakin diperhitungkan di kancah politik nasional dan di tahun pemilu saat ini,” kata Jokowi.
 
Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.
 
Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.
 
Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.
 
Sumber: Antara

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER