Sebelum Daftar ke KPU, Anies-Cak Imin Gelar Pengajian dan Sholat Subuh Berjamaah hingga Sungkem kepada Orangtua

19 Oktober 2023 18:10 WIB

Narasi TV

Pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam arak-arakan ke KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA/Nadia Putri Rahmani

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dan bacawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menggelar pengajian, salat Subuh berjamaah, hingga sungkem kepada orangtua sebelum mendaftar ke KPU untuk Pilpres 2024 pada Kamis (19/10/2023).

Rangkaian acara tersebut dimulai dari doa bersama dan pengajian yang diadakan di rumah dinas Gus Imin di Jl. Widya Chandra IV No. 23, Jakarta Selatan pada Rabu (18/10) pukul 21.00 WIB.

Terlihat bacapres Anies Baswedan mengenakan baju koko putih lengkap dengan kopiah hitam dan celana hitam.

Sementara bacawapres Muhaimin Iskandar mengenakan baju koko putih lengkap dengan kopiah berwarna hitam dalam pengajian tersebut.

Hadir pula elit partai Koalisi Perubahan yang hadir dalam acara tersebut, seperti Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Waketum PKB Jazilul Fawaid, dan Waketum NasDem Ahmad Ali.

Salat Subuh dan melakukan sungkem

Selain menggelar pengajian Anies dan Cak Imin juga melaksanakan sholat subuh berjamaah di rumah masing-masing.

Cak imin terlihat melakukan sungkup dan mencium kaki ibundanya, Muhassonah, ia juga mengungkapkan pesan sang ibu yang disampaikan untuk dirinya

“Pesannya yang penting di tata niatnya, semua diniatkan untuk ibadah dan pengabdian kepada bangsa dan negara. Soal tantangan, keberhasilan, kita pasrahkan kepada Allah, dan yang penting adalah semuanya dalam keadaan kuat dan siap sabar," ungkap Cak Imin, dikutip dari detiknews. 

Selepas melakukan sungkem, Cak Imin langsung menuju ke kediaman Anies Baswedan dan dilanjutkan berangkat ke DPP partai Koalisi Perubahan. 

Selain menggelar pengajian, Anies dan Cak Imin menyempatkan sungkem terlebih dahulu ke Ibunda Anies sebelum mendatangi DPP partai koalisi.

"Pagi ini Alhamdulillah, Gus Imin sudah tiba, kami akan berangkat tidak lama lagi, kami bersyukur bisa memulai bersama-sama. Saya, Gus Imin dan istri ingin menyampailan pada semua, terima kasih, ini semua bisa terlaksana. Kami mohon doa dari ibu, setelah itu kita akan sungkem dan lalu berangkat bersama menuju lokasi pertama pagi ini," jelas Anies Baswedan, mengutip Tempo.co. 

Anies-Cak Imin jadi yang pertama daftarkan diri ke KPU

Pasangan Anies Baswedan dan Cak Imin menjadi pasangan capres-cawapres pertama yang mendaftarkan diri ke KPU pada Kamis (19/10).

Melansir Antara, Anies-Cak Imin datang ke Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat sekitar pukul 09.05 WIB.

Keduanya datang ke KPU menaiki mobil bak terbuka bersama rombongan pendukung dan elit parpol pengusung pasangan Anies-Cak Imin.

Pasangan Anies dan Cak Imin menjadi pasangan bacapres-bacawapres pertama yang mendaftarkan diri di hari pertama masa pendaftaran capres-cawapres.

Berkas pendaftaran diri pasangan Anies-Cak Imin sendiri kini telah diterima oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

"Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran, koordinasi, kerja sama KPU dengan pimpinan partai politik yang bergabung dalam pengusulan atau pendaftaran pasangan bakal capres dan cawapres sejak beberapa waktu lalu dan puncaknya pada hari ini pada kegiatan pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres," ujar Hasyim usai menerima berkas pendaftaran pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR