Pentingnya Self Reward untuk Memotivasi Diri dan Tips Mewujudkannya

4 Maret 2024 17:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang memegang sekotak hadiah. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kamu berhak memberikan self reward setelah mendapatkan pencapaian tertentu. Hal ini sebagai bentuk menghargai diri sendiri sekaligus mengapresiasi apa yang sudah dilakukan. Namun, seberapa penting self reward untuk memotivasi diri?

Self reward adalah bentuk kegiatan untuk mengapresiasi dan menghargai diri sendiri atas pencapaian yang sudah diraih. Self reward dapat membuat kita bahagia dan wujud terima kasih pada diri sendiri karena telah berjuang melewati proses yang seringkali tidak mudah.

Self reward bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk, bisa berupa barang, liburan, kulineran, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, self reward menjadi sarana untuk memotivasi diri agar terus berkembang. Dengan menghargai diri sendiri, maka kita bisa menikmati proses demi proses yang dilalui.

Sayangnya, masih ada orang yang meremehkan pentingnya self reward. Bahkan ada juga yang menyalahartikan sehingga self reward justru berujung pada pemborosan. Padahal, self reward menjadi sesuatu yang penting sebagai wujud mencintai diri sendiri.

Pentingnya self reward

Self reward berbeda dengan boros. Perilaku boros bisa terlihat ketika kamu menghabiskan uang untuk sesuatu yang impulsif. Kamu membeli barang yang tidak dibutuhkan dan tidak memikirkan konsekuensinya.

Self reward justru tetap memperhatikan pengeluaran. Sebab, pengeluaran yang boros menjadi salah satu bentuk tidak menghargai diri sendiri. Berikut alasan pentingnya self reward untuk kestabilan mental:

  • Memberi kebahagiaan

Self reward mampu memberikan perasaan bahagia. Hal ini dikarenakan kamu memberikan hadiah yang sangat diidamkan atau menjadi favoritmu. Dengan memberikan self reward, otak akan melepaskan zat dopamin yang membuatmu merasa lebih positif dan bahagia.

  • Menghilangkan stress

Self reward menjadi bentuk pemanjaan diri usai menghadapi stress dan kelelahan selama berproses. Dengan self reward, pikiranmu akan lebih segar, fokus, dan tetap percaya diri.

  • Memberikan energi positif

Self reward menjadi cara yang bagus untuk memotivasi diri agar bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan. Jika kamu melakukan sesuatu dan mendapat imbalan yang menyenangkan, maka kamu akan mengulangi perilaku tersebut di kemudian hari.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR