Sejarah dan Tema Hari Gizi Nasional 2023, Mencegah Stunting Sejak Dini

25 Januari 2023 03:47

Narasi TV

Ilustrasi Hari Gizi Nasional 2023. (Sumber: promkes.kemkes.go.id)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Hari ini tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional 2023 ke-63. Peringatan Hari Gizi Nasional merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya gizi seimbang dalam kehidupan.

Melansir laman resmi Kemnkers.go.id, sejarah Hari Gizi Indonesia dimulai tahun 1950 dan dipelopori oleh Bapak Gizi Indonesia, Prof. Poorwo Soedarmo.

Kala itu, Menteri Kesehatan Dokter, J. Leimena, mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) yang saat itu lebih dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV).

Instituut Voor Volksvoeding (IVV) merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan yang dikenal sebagai Lembaga Eijkman. 

Hari Gizi Nasional (HGN) diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada tanggal 25 Januari 1951.

Sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus mengalami perkembangan secara pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. akhirnya disepakati bahwa tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.

Tema Hari Gizi Nasional 2023

Pada tahun ini, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) mengambil tema “Protein Hewani Cegah Stunting” pada peringatan Hari Gizi Nasional 2023.

Stunting sendiri merupakan gangguan pertumbuhan pada perkembangan anak akibat kurangnya gizi. Dampaknya, anak yang mengalami stunting cenderung tumbuh lebih kerdil dari anak seusianya.

Stunting juga dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik pada anak. Oleh karenanya, asupan protein hewani menjadi salah satu hal penting untuk mencegah stunting.

Melansir Antara, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan bahwa jumlah anak Indonesia yang mengalami stunting pada tahun 2022 berada di angka 21,6 persen.

Angka kasus stunting pada anak tersebut turun 2,8 persen dari tahun 2021. "Dari 24,4 persen turun 2,8 persen menjadi 21,6 persen [pada 2022]," kata Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja Nasional Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting 2023 di Jakarta, dikutip dari Antara.

Penurunan angka kasus stunting pada 2022 lalu tersebut merupakan upaya pemerintah yang menargetkan penurunan menjadi 14 persen pada akhir 2024.

Pentingnya gizi dalam penghapusan stunting

Pemberian asupan gizi dan makanan yang sesuai dengan kelompok usia dan perkembangan anak merupakan salah satu kunci penghapusan stunting.

Hal tersebut disampaikan Plt. Direktur Gizi KIA Kemenkes, Ni Made Diah Permata, dalam Siaran Sehat pada Senin (23/01/2023).

“Kebutuhan untuk bayi dan balita harus dipenuhi utamanya pada masa emas pertumbuhan. Kita masih bisa mengejar pertumbuhan secara optimal di perisode tersebut, tentu saja asupan gizi seimbang memang harus tercukupi,” kata Ni Made Dia Permata, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut Ni Made Diah juga menambahkan HGN ini bisa menjadi momentum tepat untuk semua pihak untuk lebih peduli dan bisa meningkatkan komitmen dalam membangun gizi bangsa Indonesia

"HGN ini momentum penting menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama-sama membangung gizi menuju bangsa sehat berpresastis melalui gizi seimabng dan produksi pangan berkelanjutan," tambahnya.

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Event
Berikan Pengalaman Tak Terlupakan Pada Event-mu!

Di balik perencanaan dan pelaksanaan event ada berbagai cerita menarik, seperti proses kreatif, event management dan budgeting plan. Yuk, kita cari tahu lebih banyak!

Kelas Online
Art & Design
Gali Potensi Diri, Pelajari Ilustrasi Komik Strip

Salah satu karya seni ilustrasi yang berpengaruh adalah komik. Mudah dipahami, banyak peminatnya, dan berpotensi baik di industri. Yuk, gali potensi dan siapkan dirimu menjadi seorang komikus dengan ikut kelas ini!

Kelas Online
Social Media
Jadi Brand Pionir Lewat Strategi Media Sosial & Content Marketing!

Enggak hanya akses informasi dan hiburan, sekarang, sosial media bisa kamu maksimalkan untuk branding lewat strategi media sosial & content marketing. Kuasai tekniknya di sini ya!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Art & Design
Dari Motion Sampai Animasi, Semakin Cuan Di Masa Depan

Di zaman yang serba digital dan era NFT yang semakin populer, terbuka kesempatan yang semakin besar untuk kamu meraup cuan dari karya yang kamu punya, seperti motion & animasi. Di kelas ini kamu akan memahami proses pembuatan sampai komersialisasi karya motion & animasi.

Kelas Online
Event
KEREN: Kelas Event Creative Narasi Academy

Kamu sudah sering datang dan menikmati pertunjukan di sebuah event? Tapi, pernah enggak sih, kepo dengan proses kreatif dan persiapan teknis di satu event? Yuk, cari tahu di sini!

Kelas Online
Social Media
Brand Identity: Bikin Konten Media Sosial Konsisten

Sebagai pengguna media sosial, kebanyakan dari kita akan sangat senang jika mendapat informasi atau hiburan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kita. Pesan-pesan konten di akun-akun media sosial serasa dekat dan seolah sedang berbicara dengan kita sebagai teman. Inilah yang dinamakan memanusiakan akun media sosial. Di kelas ini, kamu akan mendapat ilmu bagaimana memanusiakan media sosial seperti membangun kehadiran dan identitas lewat branding.

Kelas Online
Content Production
Meramu Video Estetik Dengan Teknik Storytelling, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah salah satu calon content creator professional di masa depan. Apalagi, sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Karena itu, kunci utamanya adalah belajar di kelas ini untuk menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience-mu.

Kelas Online
Journalism
Memahami Reportase Sampai Investigasi: Sajikan Fakta & Data

Kamu selalu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Salah satunya adalah dengan menjadi citizen journalism. Berita yang kredibel, informatif dan mendalam bisa dengan mudah untuk kamu sajikan ke publik! Di sini kamu harus memperhatikan pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat agar tidak terjadi mispresepsi terhadap masyarakat. Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif. Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta mengkurasi berita dengan menyajikan fakta dan data dengan metode storytelling.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya