Seleksi CPNS 2024 Dibuka Bulan Juni, Simak Syarat dan Link Pendaftarannya

13 Mei 2024 16:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi - Peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sumber: ANTARA.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 akan kembali dibuka. Proses rekrutmen ditargetkan berlangsung pada bulan Juni atau Juli 2024. 

“Pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai bulan Juni atau Juli,” ujar Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (9/5/2024). 

Anas menyebut seleksi CASN 2024 akan dibuka setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PAN-RB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN.

Setelah menerima SK penetapan, instansi pemerintah akan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mengumumkan lowongan formasi dan persiapan seleksi CASN 2024. 

Jumlah formasi yang dibuka

Pemerintah telah menyetujui sebanyak 1.289.824 formasi CASN 2024 untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Formasi terbagi menjadi 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 formasi di instansi daerah. 

Selain itu, pemerintah juga akan mengalokasikan 3.445 formasi untuk CPNS pada delapan instansi penyelenggara sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan yang akan mendapatkan jatah formasi yakni Politeknik Keuangan Negara STAN, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. 

Syarat dan link pendaftaran CPNS 2024

Pemerintah belum mengumumkan secara resmi syarat-syarat pendaftaran CPNS 2024. Namun, mengacu pada tahun sebelumnya, syarat pendaftaran CPNS yakni sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun.
  • Peserta tak pernah dipidana penjara. 
  • Tak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau berhenti dari PNS, TNI, kepolisian. 
  • Peserta tidak sedang berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, dan sejenisnya. 
  • Peserta memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dibuka.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bukan anggota atau pengurus partai politik.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah.

Adapun pendaftaran seleksi CPNS 2024 akan akan dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) BKN sebagaimana tahun lalu. 

Untuk dapat mendaftar seleksi CPNS 2024, peserta dapat mengakses laman https://sscasn.bkn.go.id dan membuat akun di SSCASN. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR