Elon Musk Rencanakan Semua Pengguna Twitter 'X' Wajib Bayar

21 September 2023 18:09 WIB

Narasi TV

Elon Musk. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Elon Musk secara terbuka berbagi rencananya untuk mewajibkan seluruh pengguna platform X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) membayar langganan bulanan. Pengumuman ini dilakukan dalam percakapannya dengan PM Israel, Benjamin Netanyahu, yang juga disiarkan secara langsung.

Musk menyampaikan bahwa pihaknya memiliki niat untuk menerapkan pembayaran bulanan bagi pengguna X dengan tujuan memerangi pengguna bot yang meresahkan.

Namun, ia belum memberikan rincian terkait besaran biaya yang akan dikenakan kepada para pengguna. Selain itu, ia juga belum menjelaskan fitur-fitur tambahan atau pengurangan apa yang akan diberikan kepada pelanggan dengan paket langganan 'ekonomis'.

Lebih lanjut, Musk juga memperkirakan bahwa jumlah pengguna aktif bulanan platform X saat ini telah mencapai angka 550 juta. Setiap hari, platform ini mencatat adanya 100-200 juta posting yang dipublikasikan.

Meskipun begitu, ia tidak mengungkapkan secara pasti berapa persentase dari pengguna tersebut adalah manusia sejati dan bukan bot.

Sebagai perbandingan, pada Mei 2022, saat Musk pertama kali dikabarkan akan mengambil alih Twitter, jumlah pengguna aktif harian berada di angka 229 juta.

Perbincangan Musk dan Netanyahu

Percakapan antara Musk dan Netanyahu lebih difokuskan pada pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan berbagai dampak positif serta negatif yang mungkin timbul dari kemajuan teknologi ini.

Selain membahas rencana terkait platform X, dalam obrolan ini juga dibahas mengenai kritik yang sering dialamatkan pada Musk terkait dugaan sikap antisemit.

Beberapa waktu belakangan, Musk secara aktif mengancam organisasi Yahudi, 'Anti-Defamation League' (ADL). Ia menuduh ADL melakukan upaya untuk merusak bisnisnya. Akibat dari tindakan ADL, Musk menyebut pendapatan platform X mengalami penurunan hingga 60%.

Hal ini menjadi topik yang menarik untuk dibahas, bahkan CEO Apple, Tim Cook, ikut angkat bicara dan menyatakan ketidaksukaannya terhadap nilai-nilai yang dipegang oleh Musk dan platform X.

Langkah-langkah yang akan diambil oleh Musk terkait kebijakan langganan bulanan dan interaksi dengan organisasi serta pengguna lainnya di platform X merupakan hal yang menarik untuk diikuti perkembangannya di masa mendatang.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR