Sinopsis Citizen of a Kind: Terinspirasi Kisah Nyata Penipuan yang Dialami Ibu Rumah Tangga di Korea

9 Januari 2024 16:01 WIB

Narasi TV

Aktor Korea Yeom Hye-Ran dalam sebuah poster film "Citizen of a Kind" (2024). (Sumber: Instagram/showbox.movie)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Citizen of a Kind merupakan film action-comedy Korea terbaru yang dijadwalkan akan tayang pada 24 Januari 2023 mendatang.

Berangkat dari problem yang dekat dengan masalah-masalah hari ini, film ini mengisahkan warga sipil yang berusaha menangkap komplotan pelaku penipuan via telepon yang meresahkan penduduk Korea.

Film bergenre kriminal dan komedi ini menggandeng sederet nama aktor dan artis populer Korea seperti Ra Mi Ran, Gong Myung, Yeom Hye Ran, Jang Yoon Ju, Ahn Eun Jin, hingga Park Byung Eun.

Film layar lebar satu ini merupakan hasil garapan sutradara Park Young-Joo yang dikenal berkat film The Second Life (2018) yang ia sutradarai. Citizen of a Kind merupakan film layar lebar kedua bagi Park Young-Joo.

Fakta menarik film Citizen Of A Kind

Film dengan nama lain Citizen Deok Hee sebenarnya telah diproduksi sejak 12 September hingga 8 Desember 2020 lalu.

Awalnya, film ini direncanakan tayang perdana pada tahun 2021 lalu, namun jadwal penayangan film ini terus mengalami pengunduran hingga tahun 2024.

Kisah yang dibawakan film Citizen of a Kind juga diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Korea pada 2016.

Pada tahun 2016 tersebut, seorang ibu rumah tangga berusia sekitar 40-an tahun, menjadi korban voice phising ketika modus penipuan tersebut mulai marak di Korea.

Tak terima dengan kejahatan yang menimpanya, perempuan tersebut kemudian mengejar orang-orang yang melakukan penipuan terhadapnya.

Sinopsis Citizen Of A Kind

Citizen Of A Kind mengisahkan tentang Deok Hee  (Ra Mi Ran) seorang warga sipil sekaligus ibu rumah tangga biasa.

Pada suatu hari ia mendapatkan sebuah panggilan telepon dari seseorang yang mengaku sebagai pemberi utang dengan syarat yang mudah dan keuntungan yang besar.

Tanpa berpikir lama, Deok Hee kemudian menyetujui tawaran tersebut. Namun malang nasibnya, sesaat setelah ia mengirimkan uang sebagai syarat pengajuan pinjaman, ia baru menyadari bahwa tawaran tersebut adalah penipuan.

Usut punya usut, penipu itu merupakan sebuah sindikat yang terdiri dari banyak orang dan telah menipu banyak korban.

Dee Hee kemudian meminta Jae Min (Gong Myung), Bong Rim (Yeom Hye Ran), dan Sook Ja (Jang Yoon Ju) untuk membantunya menangkap para pelaku.

Jae Min sebenarnya merupakan salah satu anggota komplotan penipu, namun ia sepakat untuk menjadi informan Deok Hee. Tugasnya adalah menjadi agen ganda agar penangkapan komplotan penipu tersebut berjalan lancar.

Lantas bagaimana akhir dari konflik ini, mampukan Deok Hee dan kawannya menangkap para komplotan penipu yang membuat hidupnya terpuruk?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR