Sinopsis Film Dokumenter Kopi Sianida Jessica Wongso, Sudah Tayang di Netflix

29 September 2023 11:09 WIB

Narasi TV

Poster film dokumenter "Ice Cold." Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso yang mengangkat kasus pembunuhan kopi sianida telah rilis di Netflix pada 28 September.

Dokumenter itu merangkum kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin menggunakan zat sianida yang dicampur pada kopi. Kasus itu sempat menggemparkan Indonesia pada 2016 lalu dan menarik perhatian media serta masyarakat luas.

Pembunuhan itu terjadi pada 6 Januari 2016 di Kafe Olivier yang berada di Mall Grand Indonesia, Jakarta.

Pada kasus tersebut, Jessica Wongso yang merupakan teman Mirna ditetapkan sebagai tersangka atas pembunuhan berencana terhadap Mirna.

Jessica Wongso dijatuhi vonis 20 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Kasusnya saat itu ditangani oleh Artidjo Alkostar.

Sinopsis Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso

Ice Cold: Murder,  Coffee,  and Jessica Wongso merupakan hasil kolaborasi antara Netflix dengan Beach House Pictures yang merupakan salah satu rumah produksi terbesar di Asia. 

Film dokumenter ini berusaha menghadirkan sisi terang dari kasus pembunuhan sianida yang diliputi misteri.

Fokus dari film ini yaitu pembunuhan atas Mirna Salihin, perempuan muda yang meninggal secara misterius usa menyesap kopi di sebuah kafe di Jakarta.

Dokumenter ini menghadirkan berbagai sudut pandang terkait kasus pembunuhan kopi sianida yang menghebohkan seluruh negeri. 

Sejumlah pihak yang terlibat turut menjadi narasumber dalam dokumenter ini, termasuk Edi Darmawan dan Sandy Salihin yang merupakan ayah dan kembaran Mirna. 

Begitu pula dengan pengacara Jessica yaitu Otto Hasibuan, wartawan yang meliput kasus, hingga karyawan yang bekerja di Kafe Olivier. 

Sebagaimana diketahui, pengacara Jessica yakin bahwa kliennya tidak bersalah. Sementara itu, ayah Mirna sangat yakin bahwa Jessica adalah pembunuh anaknya.

Tak hanya itu, dokumenter Ice Cold: Murder,  Coffee,  and Jessica Wongso juga menampilkan wawancara eksklusif dengan Jessica Kumala Wongso.

Jessica memberikan pandangannya tentang apa yang terjadi pada saat itu serta perasaannya ketika menghadapi kasus tersebut.

Film dokumenter Ice Cold: Murder,  Coffee,  and Jessica Wongso yang berdurasi 1 jam 26 menit memaparkan pertanyaan-pertanyaan tak terjawab yang melingkupi persidangan Jessica Wongso, bertahun-setelah kematian Mirna Salihin.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR