5 Rekomendasi Serial Dokumenter Netflix Tahun 2024, Sudah Menonton Semuanya?

11 September 2023 14:09 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang sedang menonton tayangan di Netflix. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Setiap tahun, Netflix tak pernah absen menghadirkan film dan series yang menjadi hits. Sebut saja series Money Heist, The Glory, dan yang terbaru serial One Piece yang mengudara Agustus 2023. Namun, yang jarang disorot adalah Netflix memiliki banyak film dokumenter. 

Film dokumenter memang sering dianggap sebagai film “kelas dua” karena terkesan membosankan. Namun, film dokumenter memiliki alur cerita yang memikat penonton melalui plot-twist dan lebih dekat karena berdasarkan kisah nyata.

Salah satu upcoming dokumenter Netflix yang akan rilis akhir September ini adalah dokumenter bergenre crime dengan judul Ice Cold. Dokumenter ini mengangkat sebuah kasus yang sangat terkenal di Indonesia yaitu kasus pembunuhan dengan tersangka Jessica Wongso atau lebih dikenal dengan kasus kopi sianida.

Rekomendasi serial dokumenter Netflix

Berikut daftar rekomendasi dokumenter maupun dokuseries Netflix yang layak untuk ditonton:

  • American Murder: The Family Next Door
Sumber: Netflix.

Film dokumenter Netflix berjudul American Murder: The Family Next Door pertama rilis pada 2020. Film dokumenter ini bergenre crime thriller.

Berkisah tentang kekejaman seorang suami sekaligus ayah yang menghabisi anggota keluarganya. Sosok tersebut bernama Chris Watts yang memiliki istri bernama Shannan Watts. Mereka mempunyai dua orang anak perempuan yang masih balita, yaitu Celeste dan Bella.

Kasus ini terungkap kala Shannan yang kala itu sedang hamil dinyatakan hilang bersama Celeste dan Bella. Chris kemudian memberi keterangan bahwa ketiganya pergi dari rumah. Kasus hilangnya seorang ibu hamil dan kedua anaknya ini gempar dan mengundang para wartawan dan polisi. 

Namun, hal mengejutkan terjadi saat Chris gagal saat dicek poligraf oleh kepolisian. Investigasi dilakukan dan Chris mengakui telah membunuh ketiga anggota keluarga intinya itu.

Yang membuat dokumenter ini menarik adalah footage kegiatan keluarga tersebut yang disisipkan kedalam dokumenter. Diketahui bahwa Shannan merupakan ibu yang aktif menggunakan media sosial Facebook. 

Shannan biasa mengunggah kesehariannya melalui video blog singkat dan rangkaian foto. Hal tersebut memudahkan tim investigasi untuk mengetahui seluk beluk kehidupan keluarga Watts.

  • Holy Hell
Sumber: Global Village Space.

Selain dokumenter bertema crime thriller yang menegangkan dan penuh teka teki, ada juga dokumenter bertemakan kejahatan dalam kultus tertentu. 

Holy Hell merupakan film dokumenter karya Will Allen yang rilis pada 2016. Dokumenter ini bercerita tentang pengalaman dirinya ketika bergabung dengan kultus Buddhafield selama 22 tahun. 

Menariknya, perjalanan Will Allen bergabung ke kultus ini berawal dari sang ibu yang tidak menerima bahwa putranya merupakan pecinta sesama jenis.  

Atas saran saudara perempuannya, Will Allen mengikuti kelompok meditasi yang beroperasi di West Hollywood, California. Namun, Will Allen justru menemukan tentang kejanggalan yang dilakukan oleh Michel Rostand, pemimpin kultus ini. 

Ia diketahui melakukan pelecehan kepada para pengikut. Bermodalkan ketenaran dan popularitas, Michel menamai dirinya sebagai Buddhafield.

  • Athlete A
Sumber: Netflix.

Rilis pada 2020, film dokumenter Netflix ini menceritakan tentang kasus Larry Nassar, dokter yang biasa menangani atlet-atlet gimnastik di Amerika Serikat. Kasus ini sempat menggemparkan dunia Gimnastik Amerika Serikat pada saat itu.

Larry Nassar dinyatakan telah melakukan pelecehan seksual kepada sejumlah pasiennya. Parahnya, korban banyak yang tergolong di bawah umur dan memiliki harapan besar untuk berkarier di dunia senam. 

Adapun kisah yang disorot yaitu kisah dari pesenam bernama Maggie Nichols. Pada dokumenter ini, ia berperan sebagai Atlet A sebagaimana judulnya.

  • The Battered Bastards of Baseball
Sumber: Netflix.

Selain dokumenter investigasi, Netflix juga memiliki film dokumenter inspiratif tentang sebuah tim olahraga. Jika kita mengenal film dokumenter Welcome to Wrexham maka The Battered Bastards of Baseball adalah versi baseball-nya.

Dokumenter ini menceritakan sebuah tim yang berisi pemain yang tidak diinginkan di Oregon. Mereka tergabung dalam klub Portland Mavericks, sebuah tim independen atau tanpa tim induk dalam Major League Baseball. Dokumenter ini mengangkat kisah underdog yang mampu menularkan kebahagiaan tim kepada penonton.

Film ini mampu mendapatkan standing ovation kala premier di Sundance Festival 2014 lalu dan mendapat rating 100% di Tomatometer. 

  • Chasing Coral
Sumber: Netflix.

Selain kisah investigasi, kriminal dan perjalanan heroik, Dokumenter juga sering mengangkat isu-isu global. Salah satu yang diangkat oleh Netflix adalah isu pemanasan global memicu perubahan iklim yang mengancam terumbu karang. 


Chasing Coral disutradarai oleh Jeff Orlowski mengikuti sebuah tim yang terdiri dari penyelam, ahli biologi dan fotografer yang mencari tahu kenapa terumbu karang mulai sekarat dan memberi tahu kepada dunia tentang temuan mereka.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR