Sinopsis Film Homefront, Pengorbanan Ayah untuk Menyelamatkan Putrinya

23 Juni 2023 12:06 WIB

Narasi TV

Salah satu adegan dalam film Homefront. Sumber: variety.com.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Homefront adalah film bergenre action thriller yang dibintangi aktor laga Jason Statham. Homefront sendiri diangkat dari sebuah novel. Film Hollywood yang rilis pada tahun 2013 lalu ini dapat dikatakan sebagai 'filmnya Jason Statham'. 

Dalam film ini diceritakan Jason Statham adalah seorang tokoh protagonis tangguh yang melawan kejahatan di sebuah kota kecil, ia menghajar dan mengeluarkan kata 'one-liners' seorang diri. 

Film Homefront disebut sebagai salah satu film yang underrated karena banyak hal yang menarik selain adegan action Jason Statham. Film ini diberi rating yang biasa saja, laman IMDb memberi rating 6.5, sedangkan rotten tomatoes memberi rating tomatometer cukup rendah yaitu 42% dan audience score 61%.

Kritik yang diberikan kebanyakan adalah film ini tidak memberi perubahan apapun dalam genre action thriller dan hanya mengikuti pakem film action yang sudah ada. 

Sinopsis Homefront

Dalam film Homefront, Jason Statham memainkan karakter utama bernama Phil Broker, seorang veteran dan mantan agen DEA atau Badan Narkotika Nasional Amerika Serikat yang kehilangan pekerjaannya akibat penyamarannya terbongkar saat penggerebekan besar. 

Dalam masa pensiunnya, ia menjadi warga biasa saja, seorang pria yang mengenakan topi, kemeja flanel dan jaket jeans. Ia memutuskan untuk pindah bersama putrinya, Maddie ke kampung halaman mendiang istrinya di Louisiana dengan harapan Phil bisa hidup lebih tenang.

Namun sayang, ketenangan itu harus berakhir saat Phil mempermalukan salah satu orang tua murid dalam acara pertemuan orang tua murid dan guru di sekolah Maddie. Orang yang dipermalukan oleh Phil adalah Cassie.

Cassie kemudian meminta saudaranya, Gator yang adalah seorang gangster untuk mengancam Phil. Gator kemudian mengirim beberapa orangnya untuk menghadang Phil, namun Phil justru menghajar orang-orang suruhan Gator. 

Situasi semakin panas ketika Gator meminta bantuan bandar narkoba yang dipenjarakan Phil. Dengan bantuannya, Gator berhasil menjebak Phil di pabrik sabu-sabu miliknya, namun Phil mampu lolos dsn menghancurkan pabrik Gator. 

Namun, Maddy kemudian diculik oleh pacar Gator bernama Sheryl. Phil harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan putrinya dari cengkraman para kriminal yang menguasai kota tersebut.

Penuh bintang dan ditulis oleh Rambo

Homefront dipenuhi cast yang bertabur bintang. Tokoh protagonis yang diperankan Jason Statham berhasil diimbangi oleh penampilan apik James Franco sebagai tokoh villain Gator. James Franco sendiri adalah aktor yang tidak asing bagi penikmat film, salah satunya ia tampil dalam film komedi yang cukup kontroversial, The Interview

Selain itu aktor laga Frank Grillo yang memerankan Brock Rumlow dalam Captain America:The Winter Soldier juga akan hadir dalam film ini. Aktris senior Winona Ryder dan aktor Clancy Brown juga akan tampil dalam Homefront bersama pemeran-pemeran lainnya.

Film Homefront sendiri memiliki sedikit kemiripan dengan film Rambo, yaitu bagaimana sang karakter utama menghajar penjahat dengan melontarkan 'one liner' badass. Ternyata kemiripan ini dikarenakan sang penulis naskah Homefront adalah pemeran Rambo, atau aktor senior Sylvester Stallone yang pernah bekerja sama dengan Statham di franchise Expendables.

Tak hanya itu, Sylvester Stallone sebenarnya memasukkan ide cerita Homefront menjadi salah satu film dalam franchise Rambo. Naskahnya sudah ditulis sejak lama namun ditinggalkan Stallone karena usianya  sudah tidak muda lagi. Naskah ini kembali aktif ketika Jason Statham menunjukkan ketertarikannya kepada naskah film Homefront.

Film ini juga menjadi satu-satunya dari dua puluh enam film yang ikut ditulis oleh Sylvester Stallone yang tidak dibintangi sendiri oleh Sylvester Stallone. Tentu menarik melihat film Sylvester Stallone tanpa ada Sylvester Stallone di dalamnya. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR