Fakta Menarik dan Sinopsis Film Indiana Jones Dial of Destiny

9 Juli 2023 09:07 WIB

Narasi TV

Salah satu adegan dalam film "Indiana Jones Dial of Destiny." Sumber: variety.com.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Film berjudul Indiana Jones Dial of Destiny baru saja dirilis pada tanggal 29 Juni 2023 lalu. Film ini merupakan edisi kelima dari serial film legendaris Indiana Jones yang pertama kali tayang di layar lebar pada 1981 lalu.

Indiana Jones sendiri adalah franchise film yang diciptakan oleh George Lucas, sosok yang juga menciptakan Star Wars. Franchise film ini sangat populer di tahun 1980an dan menjadi salah satu ikon pop culture global. 

Tokoh Indiana Jones sangatlah ikonik. Ia adalah arkeolog yang selalu menggunakan topi fedora yang ikonik dan bersenjatakan cambuk. Petualangannya mencari Ark of Covenant, menemukan Holy Grail hingga berhadapan dengan alien. 

Ia juga pernah menghadapi kultus sesat hingga Nazi Jerman dan Soviet. Ia berhasil lolos dari berbagai bahaya seperti gigitan ular kobra, lumpur hisap, batu raksasa hingga ledakan bom nuklir. 

Indiana Jones Dial of Destiny rilis 15 tahun setelah film Indiana Jones terakhir, Indiana Jones and the Kingdom of Crystal Skull pada tahun 2008 lalu. 

Sang tokoh titular, Indiana Jones, kembali diperankan oleh aktor Harrison Ford yang telah memerankan Indiana Jones sejak 1981. Usia Harrison Ford tak menghalanginya memerankan tokoh ikonik Indiana Jones lengkap dengan kemampuannya memainkan cambuk.

Tanpa George Lucas dan Steven Spielberg

Menariknya, Indiana Jones Dial of Destiny menjadi film pertama Indiana Jones tanpa dua tokoh pembuatnya, George Lucas dan Steven Spielberg. 

Keduanya adalah arsitek dari franchise film Indiana Jones. George Lucas adalah pendiri Lucas Film yang memiliki ide cerita kemudian mendiskusikannya bersama Steven Spielberg yang nantinya akan menyutradarai empat film Indiana Jones.

Screenwriter Indiana Jones Dial of Destiny, David Koepp, mengatakan bahwa George Lucas tidak terlibat dalam penulisan naskah. Selain itu, Steven Spielberg juga tidak menjadi sutradara dalam film ini. Namun, ia masih terlibat dalam produksi Indiana Jones Dial of Destiny. Kursi sutradara kini dipegang oleh James Mangold.

Meski tanpa George Lucas dan Steven Spielberg, namun para tokoh ikonik akan kembali diperankan oleh aktor lawas seperti Harrison Ford, John Rhys-Davies dan lain-lainnya. 

Komposer John William juga akan kembali menjadi pengisi scoring film Indiana Jones. Selain itu aktor baru akan turut terlibat, seperti Mads Mikkelsen yang akan berperan menjadi ilmuwan Nazi bernama Voller.

Sinopsis Indiana Jones Dial of Destiny

Indiana Jones Dial of Destiny akan berlatar waktu tahun 1969 dimana saat itu Amerika Serikat sedang bersaing dengan Uni Soviet dalam perjalanan ke luar angkasa atau Space Race

Amerika Serikat mempekerjakan beberapa ilmuwan Nazi untuk mengalahkan Soviet dalam Space Race. Dari sini sudah terlihat bahwa musuh sang arkeolog adalah Nazi, musuh yang berkali-kali harus dihadapi.

Salah satu ilmuwan Nazi yang dipekerjakan itu bernama Voller yang kesetiaannya kepada Nazi masih sangat tinggi. Ia ingin memperbaiki kesalahan yang terjadi pada masa lalu dengan mencari sebuah alat yang bernama Archimedes Dial. Indiana Jones harus menemukan alat tersebut sebelum Voller menemukannya dan membuat dunia ini jauh lebih baik, bagi Nazi Jerman tentunya. 

Kali ini Indiana Jones akan dibantu anak baptisnya, Helena Shaw untuk menghentikan Voller yang berencana menggunakan Archimedes Dial kembali ke masa lalu. Tujuannya adalah untuk membunuh Hitler yang dianggap menjadi alasan jatuhnya Nazi. Voller juga berencana menggantikan Hitler agar Nazi dapat memenangkan Perang Dunia II.

Aksi seru Indiana Jones menghadapi Nazi untuk kesekian kalinya dalam Indiana Jones and the Dial of Destiny ini mendapatkan rating 6.9 dari IMDb, sedangkan rottentomatoes memberi nilai 69% tomatometer dan 88% audience score.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR