Sinopsis Ruby Gilman Teenage Kraken, Tentang Monster Baik Pelindung Samudra

7 Juli 2023 11:07 WIB

Narasi TV

Poster film "Ruby Gilman, Teenage Kraken." Sumber: journal.sociola.com.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Dreamworks baru saja merilis film animasi terbarunya berjudul Ruby Gilman, Teenage Kraken pada tanggal 30 Juni 2023 lalu. Studio satu ini terkenal lewat beberapa filmnya yaitu Shrek, Puss In Boots, dan How To Train Your Dragon

Film ini menceritakan seorang remaja bernama Ruby Gilman yang mencoba untuk hidup sebagai remaja pada umumnya. Namun ternyata ia bukanlah manusia, tapi ia adalah Kraken yang menyamar menjadi manusia. Namun agar penyamarannya tetap terjaga ia tidak boleh terkena air.

Ia kemudian mengalami kesulitan untuk berbaur dengan remaja lainnya karena ia adalah Kraken. Ruby juga menaruh hati pada seorang remaja yang sering bermain skateboard. 

Ruby juga bertemu dengan Chelsea yang memiliki rahasia yang sama dengannya, namun Chelsea adalah seorang Putri Duyung atau Mermaid. Mereka kemudian menjadi sahabat karena kesamaannya nasibnya.

Meskipun dilarang oleh ibunya untuk memasuki air, Ruby akhirnya melanggar perintah itu dan akhirnya mengetahui tentang latar belakang keluarganya yang ternyata adalah keturunan dari Keluarga Kerajaan Kraken. 

Ia adalah Kraken yang bertugas menjadi pelindung seluruh makhluk samudera. Neneknya atau yang biasa dipanggil Grandmamah adalah Ratu Kraken saat itu dan ia ditakdirkan untuk mewarisi tahta Grandmamah. 

Selain mengetahui garis keturunan keluarganya, ia juga diberitahu oleh neneknya bahwa musuh mereka adalah Mermaid yang justru sangat disukai oleh manusia.

Ia kemudian dilatih oleh neneknya menggunakan kekuatannya untuk melindungi orang-orang yang ia sayangi meskipun harus menghadapi sahabatnya sendiri, Chelsea sang Mermaid yang sangat berbahaya dan haus akan kekuasaan.

Interpretasi terbalik ala Dreamworks

Dilihat dari judulnya, tentu ada satu hal yang menarik yaitu Kraken. Kraken adalah monster laut yang berasal dari mitologi Skandinavia. Dalam karya populer, kraken digambarkan sebagai monster yang menyerang kapal milik karakter utama, sebut saja dalam film Pirates of Carribean Dead Men Chest.

Namun studio Dreamworks kali ini mengangkat kisah Kraken lewat pendekatan yang jauh berbeda. Kraken digambarkan sebagai seorang remaja yang mencoba untuk berbaur dengan lingkungannya. Ruby Gilman, Teenage Kraken juga menggambarkan karakter putri duyung atau mermaid yang menjadi tokoh antagonis dalam film ini.

Tentu bukan kali ini saja Dreamworks melakukan pendekatan berbeda dalam film animasinya. Dalam film Shrek, Dreamworks memutarbalikkan dongeng populer dan menuangkannya dalam film Shrek yang sangat menghibur. Selain itu, meskipun membuat film animasi atau kartun, Dreamworks juga dikenal membuat jalan cerita yang menarik bagi segala umur.

Rotten Tomatoes memberi rating tomatometer sebesar 68%, namun audience score film ini mencapai 84%. Sedangkan IMDb memberi rating 5.9 untuk Ruby Gilman, Teenage Kraken.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR