Sinopsis Mangkujiwo 2: Dendam dan Perebutan Kekuasaan yang Masih Berlanjut

29 Januari 2023 09:01 WIB

Narasi TV

Poster film Mangkujiwo 2. Sumber: Akun Twitter MVP Pictures ID.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

"Apa Sebenarnya Mangkujiwo itu?" menjadi kalimat pembuka dari trailer film horror Mangkujiwo 2 yang rilis di bioskop tanggal 26 Januari. Film ini adalah sekuel dari film Mangkujiwo yang rilis pada tahun 2020 lalu.

Bagian dari Kuntilanak universe

Film ini tergabung dalam Kuntilanak universe karena terhubung dengan film Kuntilanak di mana cerita dalam film ini lebih berfokus pada sekte Mangkujiwo. Seri Mangkujiwo sendiri merupakan prekuel dari film-film Kuntilanak yang membahas tentang sekte atau aliran Mangkujiwo.

Film Mangkujiwo 2 digarap oleh sutradara Azhar Kinoi Lubis yang juga menggarap Kuntilanak dan Mangkujiwo. Film keluaran MVP Pictures ini mengambil latar waktu tahun 1970-an yaitu sesaat setelah Tjokrokusumo, rival Brotoseno, dibunuh oleh sang Kuntilanak. Syuting film Mangkujiwo ini dilakukan di tiga kota yaitu Yogyakarta, Surakarta dan Semarang untuk menghadirkan kesan kebudayaan Jawa yang kental sejak Mangkujiwo yang pertama. 

Para cast Mangkujiwo kembali memerankan peran yang sama, seperti Sujiwo Tedjo yang kembali memerankan Brotoseno, Yasmin Jasem yang kembali berperan sebagai Uma, Djenar Mahesa Ayu yang kembali menjadi Nyi Kenanga, Karina Suwandi yang menjadi karakter Karmila. 

Sedangkan terdapat pendatang baru di sekuel ini seperti Yaya Unru yang baru saja muncul di series The Last of Us sebagai Letjen Agus dan Sara Wijayanto yang pernah menjadi Kuntilanak. Artis lain seperti Widika Sidmore, Kimberly Ryder, Marthino Lio dan deretan artis lain akan meramaikan film horor ini.

Film ini cukup dinantikan oleh penikmat film horor Indonesia yang penasaran dengan kelanjutan Mangkujiwo. Dari trailernya kita dapat menduga bahwa film ini masih berkisah tentang dendam dan perebutan kekuasaan serta lebih sadis dibanding pendahulunya.

Sinopsis Mangkujiwo 2

Film Mangkujiwo 2 akan bercerita tentang misteri kematian Tjokrokusumo yang merupakan rival dari Brotokusumo untuk menguasai loji pusaka. Pada film ini, sekte Mangkujiwo telah memiliki pengikut yang cukup banyak dan menjadi organisasi yang cukup besar. Sekte ini memelihara Kuntilanak bernama Kanti melalui pesugihan yang juga menjadi senjata utama Mangkujiwo.

Masalah mulai muncul ketika Karmila mengatakan bahwa Mangkujiwo tidak bisa melakukan apapun tanpa Kanti. Menyadari hal itu, Nyi Kenanga kemudian mendorong Brotoseno untuk bersekutu dengan mahluk halus agar dapat menguasai Mangkujiwo sepenuhnya dan berambisi menjadikan Mangkujiwo lebih besar lagi. Konflik berdarah pun dimulai, di mana teror selalu menghantui semua orang yang terlibat dalam perebutan kekuasaan.

Sementara itu Uma, putri Kanti, mendapat kekuatan untuk melihat kejadian-kejadian di masa lalu. Di tengah teror dan konflik kekuasaan itu, Uma kemudian bertemu dengan seorang pemuda. Mereka mencoba membongkar apa yang sebenarnya terjadi di Mangkujiwo.

Bagi kamu penggemar film horor, film ini bisa masuk daftar tonton yang wajib kamu coba. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR