Sinopsis Moving On, Permasalahan dalam Keluarga yang Realistis

18 Jan 2023 19:01 WIB

thumbnail-article

Salah satu adegan dalam film Moving On. Sumber: sinema.sg.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Setelah berhasil menggemparkan dunia perfilman dengan Parasite, Korea Selatan kembali menyuguhkan film apik yang wajib untuk ditonton. Berjudul Moving On. Film asal Korea Selatan yang satu ini disutradarai sekaligus ditulis langsung oleh Yoon Dan Bi.

Diperankan oleh Choi Jung Won sebagai Ok Ju, Yang Heung Joo sebagai Ayah, Park Hyun Young sebagai Bibi Mi Jung, Park Seung Joon sebagai Dong Ju, dan Kim Sang Dong yang berperan sebagai kakek, Moving On menyuguhkan kisah permasalahan keluarga yang realistis.

Sinopsis Moving On

Kisah tersebut bermula ketika Ok Ju, bersama dengan ayah dan adiknya, Dong Ju pindah ke rumah kakek karena ayahnya yang telah resmi bercerai dengan ibunya. Tidak lama kemudian, Bibi Mi Jung yang sedang memiliki masalah dengan suaminya, turut serta untuk tinggal di rumah kakek.

Sayangnya Kakek digambarkan memiliki sifat yang pendiam dan cukup tertutup. Hal tersebut tentu cukup menyulitkan Ok Ju dan Dong Ju untuk dekat dengan sang Kakek. Namun meskipun pada awalnya Ok Ju dan Dong Ju cukup  kesulitan untuk menyesuaikan, pada akhirnya kedua anak tersebut lambat laun berhasil menyesuaikan diri dalam lingkungan yang baru.

Sesungguhnya konflik dan permasalahan yang ditampilkan oleh Dan Bi cukup ringan, namun penuh emosi dan terkesan realistis, seperti tokoh ayah yang terus berusaha untuk mencukupi kebutuhan sembari merawat sang Kakek. Bibi Mi Jung yang masih kaget dengan permasalahannya, namun memiliki pola pikir materialistis yang realistis di kehidupan sehari-hari. 

Ok Ju yang mulai dewasa dan merasa tidak  percaya diri dengan visual dan tampilanya sehari-hari, yang membuat dirinya merasa galau ketika berhubungan dengan lawan jenis, serta Dong Ju yang digambarkan masih menjadi anak kecil dengan sifat periang dan polos.

Memenangkan penghargaan bergengsi

Berbeda dengan film lain yang berusaha untuk menggaet nama besar untuk menjadi salah satu pemainnya, dalam film Moving On, Yoon Dan Bi memutuskan untuk menggaet nama-nama yang belum cukup dikenal, namun memiliki akting yang tidak dapat diragukan.

Hal  itulah yang digadang-gadang menjadi salah satu alasan Moving On mampu meraih penghargaan dalam ajang BaekSang Arts Awards 2021 dengan kategori Best New Director yang dimenangkan oleh Yoon Dan Bi dan Best New Actress yang diraih oleh Choi Jung Woon. Selain mampu meraih dua kemenangan di kategori yang berbeda, Moving On juga  menjadi nominasi dalam kategori Best Film, Best Director, Best Screenplay.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER