Sinopsis Narcos, Serial Biografi Mafia Narkoba yang Jadi Inspirasi Pembunuh Mahasiswa UI

9 Agustus 2023 13:08 WIB

Narasi TV

Aktor Pedro Pascal (tengah) dalam sebuah adegan serial "Narcos". (Sumber: Netflix)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Narcos merupakan serial original Netflix bergenre drama kriminal yang mengangkat kisah hidup Pablo Escobar, gembong narkoba paling berpengaruh di Kolombia. 

Serial Narcos terdiri dari 3 musim dengan masing-masing 10 episode yang tayang sejak 2015 hingga 2017.

Baru-baru ini, Narcos kembali menjadi perbincangan usai adanya pengakuan dari Altafasalya Ardnika Basya (23), pelaku pembunuh Muhammad Naufal Zidan (19) yang merupakan adik tingkatnya di Universitas Indonesia. 

Altafasalya mengaku perbuatannya terinspirasi dari serial Narcos yang ia tonton. 

“Saya nonton film, bukan karena dendam. [Serial] Narcos,” kata Altafasalya pada konferensi pers di Polres Metro Depok, Sabtu (5/8/2023). 

Serial Narcos yang diciptakan oleh Chris Brancato, Carlo Bernard, dan Doug Miro sangat populer di kalangan pecinta film. 

Ratingnya di situs IMDb mencapai angka 8.8 dari rentang nilai 1 sampai 10. 

Serial ini tidak diperuntukkan bagi anak-anak karena mengandung konten dewasa seperti kekerasan, penggunaan narkoba, pembunuhan, seks, dan lain sebagainya.

Produksi serial ini dilakukan oleh rumah produksi Gaumont International Television dan didistribusikan oleh dan di layanan streaming Netflix.

Sinopsis Narcos

Serial Narcos menceritakan kehidupan kriminal Pablo Escobar (Wagner Moura) yang mendirikan kartel narkoba di wilayah Medellin, Kolombia. 

Musim pertama Narcos mengikuti kehidupan Pablo Escobar pada tahun 1970 hingga pertengahan 1992. 

Escobar yang awalnya merupakan seorang penyelundup barang ilegal mulai tertarik untuk berbisnis obat-obatan terlarang. 

Pada periode tersebut, Escobar menjajal produksi kokain untuk pertama kalinya dan mulai terlibat dalam bisnis narkoba hingga berhasil menjadi bos kartel terbesar di Kolombia. 

Bisnis narkoba Escobar sukses besar hingga menerima permintaan ekspor ke wilayah Amerika Serikat. 

Escobar kemudian harus berurusan dengan Steve Murphy (Boyd Holbrook), agen Drug Enforcement Administration (DEA) Amerika Serikat yang berusaha menangkapnya. 

Musim kedua Narcos masih mengikuti kehidupan Escobar, kali ini setelah ia melarikan diri dari penjara. 

Sembari bersembunyi dari kejaran pemerintah Amerika Serikat dan Kolombia, Escobar tetap menjalankan bisnis narkobanya dan membentuk aliansi loyalis. 

Sementara itu, musim ketiga Narcos bercerita tentang perkembangan bisnis narkoba di Kolombia usai kematian Pablo Escobar. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR