Norwich City Buat Video Bertema Kesehatan Mental, Dapat Pujian dari UEFA

16 Oct 2023 11:10 WIB

thumbnail-article

Tangkapan layar video pencegahan bunuh diri dari klub sepak bola Inggris, Norwich City. Sumber: YouTube Channel Norwich City Football Club.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Klub sepak bola Liga Inggris, Norwich City, merilis video pencegahan bunuh diri untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia pada Selasa (10/10/2023). Video itu membawa pesan soal tanda-tanda yang kerap kali tidak terlihat terkait kondisi kesehatan mental seseorang. 

“Terkadang, terlihat jelas ketika seseorang sedang berjuang untuk mengatasi (permasalahan mental), namun terkadang tanda-tandanya sulit dikenali,” tulis Norwich City. 

Dalam video tersebut, tampak dua orang teman yang sama-sama merupakan penggemar Norwich City. Kedua pria itu selalu menyaksikan pertandingan klub favoritnya di stadion. 

Sepanjang video, penonton diperlihatkan perbedaan sikap antara kedua teman tersebut. Salah satu dari mereka sangat ceria dan selalu bersemangat di setiap pertandingan, sementara kawannya tampak tidak punya bergairah dan seolah sedang memendam sesuatu yang berat. 

Penonton diajak untuk berasumsi bahwa pria yang terlihat tidak bersemangat itu tengah bergulat dengan kesehatan mentalnya. Namun, akhir dari video justru menunjukkan hal yang sebaliknya. 

Video pendek berdurasi 2 menit 27 detik yang diunggah di media sosial Norwich City itu telah ditonton oleh lebih dari 50 juta orang dan mendapatkan respons positif dari komunitas sepak bola. 

Dipuji UEFA dan penggemar sepak bola

Union of European Football Associations (UEFA) memberikan pujian terhadap video pencegahan bunuh diri yang dibuat oleh Norwich City dengan menyebut video itu “sangat kuat”. 

Penggemar sepak bola di seluruh dunia dan organisasi global juga ramai-ramai menyampaikan rasa terima kasih kepada Norwich City karena telah mengangkat kesadaran tentang kesehatan mental. 

Seorang warganet berkomentar, “Sebagai seseorang yang pernah berada di situasi itu telah sembuh, ini adalah video paling berdampak yang pernah saya tonton.”

Berdasarkan data dari pemerintah Inggris, bunuh diri menjadi penyebab kematian terbesar pada pria di bawah usia 50 tahun. 

Sepak bola kerap digunakan sebagai cara untuk menjangkau penggemar yang mungkin membutuhkan dukungan di tengah situasi sulit yang sedang mereka hadapi. 

Pada 2019, Football Association (FA) meluncurkan inisiatif untuk mendorong para pria supaya lebih terbuka dalam membicarakan hal-hal terkait kesehatan mental mereka, sebagaimana mereka sangat terbuka dalam membahas soal sepak bola. 

Di sisi lain, beberapa bintang lapangan hijau seperti Rio Ferdinand dan Darren Eadie juga telah berbicara soal permasalahan dan kondisi mental mereka secara terbuka kepada publik. 

Kampanye kesehatan mental yang dilakukan oleh Norwich City merupakan kolaborasi dengan Samaritans yang merupakan badan amal pencegahan bunuh diri.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER