Sinopsis Panduan Mempersiapkan Perpisahan: Sukarnya Menanggapi Kehilangan

25 Maret 2024 14:03 WIB

Narasi TV

Poster film "Panduan Mempersiapkan Perpisahan" (2023). (Sumber: Netflix)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Serupa judulnya, Panduan Mempersiapkan Perpisahan merupakan film yang berfokus pada perpisahaan dua sejoli yang saling mencintai..

Film bergenre drama romantis ini diadaptasi dari buku berjudul Eminus Dolere (2023) karya Arman Dhani.

Pertama kali tayang pada 24 Februari 2023 lalu di Bioskop Online, kini film Panduan Mempersiapkan Perpisahan dapat disaksikan melalui layanan streaming Netflix sejak 15 Maret 2024 lalu.

Tentang film Panduan Mempersiapkan Perpisahan

Panduan Mempersiapkan Perpisahan ditulis dan disutradarai oleh Adriyanto Dewo, yang sebelumnya telah menghadirkan karya-karya menarik seperti Tabula Rasa (2014) dan One Night Stand (2021).

Film ini berfokus pada kisah dua bintang utamanya yang diperankan aktor Lutesha dan Daffa Wardhana. Kisah mereka ditampilkan melalui tiga babak, yaitu bertemu, bersama, dan berpisah.

Penonton nantinya akan diajak untuk mengikuti tokoh yang diperankan Daffa dan Lutesha.

Cerita yang dikemas pun cukup unik, Adryanto Dewo melakukan pendekatan unik dengan penggunaan alur maju mundur antara masa sekarang dan masa lalu.

Dalam film ini, penonton juga akan disuguhkan sebuah kisah cinta yang menggambarkan kompleksitas dalam sebuah hubungan dan patah hati.

Karena sejatinya perpisah adalah pengalaman yang tidak mungkin bisa terhindar dalam kehidupaan, namun kuncinya hanya satu bagaimana kita bisa menghadapi perpisahan tersebut.

Sinopsis Panduan Mempersiapkan Perpisahan

Panduan Mempersiapkan Perpisahan berkisah tentang hubungan tanpa status selama bertahun-tahun lamanya antara Bara (Daffa Wardhana) dan Demi (Lutesha).

Hubungan serba sulit tersebut bermula ketika mereka bertemu di sebuah galeri seni di Yogyakarta, pertemuan mereka kemudian membawa mereka pada hubungan yang semakin dekat.

Bahkan mereka sudah merasa saling nyaman dan mencintai. Bara merasa hidupnya lebih bermakna sejak hadirnya Demi di hidupnya.

Hari-hari yang dijalani Bara serupa musim semi tempat bunga bermekaran sejak pertemuannya dengan Demi di Jogjakarta.

Namun, suatu waktu Demi pergi tanpa kabar tanpa memberikan penjelasan apapun kepada Bara. 

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR