Sinopsis Reply 1988: Nostalgia Kehidupan Bertetangga Tahun 80an

27 Jan 2023 06:01 WIB

thumbnail-article

Poster serial drama Korea "Reply 1988". (Sumber: Viu.com)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Reply 1988 adalah drama seri Korea Selatan yang pertama kali tayang di tvN pada 6 November 2015. 

Drama seri ini disutradarai oleh Shin Won-Ho dan merupakan drama seri Korea Selatan dengan rating paling tinggi. Situs IMDb memberi rating 9.2/10 untuk Reply 1988

Reply 1988 adalah seri ketiga dari trilogi seri Reply, di mana dua seri sebelumnya adalah Reply 1997 (2012) dan Reply 1994 (2013).

Drama seri ini dibintangi oleh sejumlah aktor kenamaan Korea seperti Lee Hye-ri, Ryu Jun-yeol, Park Bo-gum, Go Kyung-pyo, Lee Dong-hwi, dan deretan aktor lainnya.

Drama seri ini membawa penonton melihat Korea Selatan yang berbeda karena seri ini mengambil latar waktu tahun 1988. 

Reply 1988 mampu membawa penonton melihat kisah lucu, menyenangkan, romantis, dramatis, hingga perasaan bittersweet melalui jalan ceritanya.

Sinopsis Reply 1988 (2015)

Reply 1988 berkisah tentang lima keluarga yang hidup bertetangga di kawasan Ssamundong, Korea Selatan. 

Keluarga pertama adalah si Pendiam Taek (Park Go-bum) yang tinggal bersama ayahnya Moo-sung (Choi Moo-sung). Kemudian ada si konyol Dong-Ryong (Lee Dong-hwi) yang tinggal di seberang rumahnya.

Selanjutnya adalah keluarga Duk Sun (Lee Hye-ri), sang tokoh utama, yang lugu dan selalu di-bully oleh kakak perempuannya, Bo-Ra (Ryu Hye-young).

Kemudian ada Sun Woo (Go Kyung-pyo), si anak paling sempurna yang sangat menyayangi adik perempuannya, Jin Joo (Kim Seol). 

Sun Woo tinggal bersama Ibunya Sun Young (Kim Sun Young) sedangkan ayahnya diceritakan meninggal setahun sebelum cerita dimulai.

Keluarga terakhir adalah keluarga Jung-Hwan (Ryu Jun-yeol) yang tinggal bersama kakaknya, Jung-Bong (Ahn Jae Hong).

Ibu Jung-Hwan, Mi-Ran (Ra Mi-Ran), selalu memahami suaminya yang selalu bertingkah nyentrik. Jung Hwan adalah anak yang pendiam dan sudah menyukai Duk-Sun sejak awal drama dimulai.

Drama di Ssamundong

Kisah drama di Reply 1988 adalah kisah cinta segitiga antara Taek, Duk Sun dan Jung Hwan. Berbeda dengan drama lain, kisah cinta segitiga ini tidak dibangun secara dramatis. 

Namun, kisah cinta segitiga ini mampu dibangun secara bagus selama 20 episode drama ini hingga mampu membagi opini para penonton tentang siapa yang harus dipilih Duk Sun.

Kisah lain yang diangkat Reply 1988 adalah drama internal keluarga seperti kisah Bo-Ra yang memiliki hubungan yang renggang dengan ayahnya. 

Ada pula hubungan lucu antara dua tetangga Sun-Woo dan Moo-Sung. Serta rumah tangga keluarga Duk Sun dan Jae Hwan yang selalu diguncang dengan permasalahan.

Kisah-kisah ini mampu dirangkai sedemikian rupa bersama dengan kehidupan bertetangga sehari-hari seperti bertamu, memasak dan bekerja. Oleh karenanya, drama ini tidak melulu berkesan melankolis, terdapat pula adegan yang mampu membuat penonton tersenyum dan tertawa. 

Alur cerita drama ini berhasil membuat setiap karakter terus berkembang dalam tiap episode sehingga penonton terbius dengan cerita yang disuguhkan Reply 1988

Apalagi dipadukan dengan dekorasi rumah yang otentik menggambarkan Korea Selatan pada akhir 1980-an hingga memberi nostalgia kepada para penonton yang merasakan hidup pada era tersebut.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER