Sinopsis Siksa Kubur: Menengok Dunia Pasca Kematian dari Mata Sita

13 April 2024 08:04 WIB

Narasi TV

Aktor Faradina Mufti dalam salah satu adegan film "Siksa Kubur" (2024). (Sumber: X/jokoanwar)

Penulis: Rizal Amril

Editor: Indra Dwi

Film Siksa Kubur menghiasi layar bioskop Indonesia pada momen libur Lebaran 2024. Film horor-religi garapan sutradara Joko Anwar ini dibintangi sejumlah aktor papan atas Tanah Air.

Seperti judulnya, film ini mengangkat konsep narasi keagamaan agama Abrahamik tentang waktu pembalasan dosa manusia setelah kematian.

Menariknya, jalan cerita dalam film ini diangkat dari film pendek "Grave Torture" (2012) yang pernah digarap Joko Anwar sebelumnya.

Oleh karenanya, agar tak merasa tertinggal dengan sebagian jalan cerita film Siksa Kubur, para penonton dianjurkan untuk menonton film pendek "Grave Torture" terlebih dahulu.

Dalam pembuatan film yang diproduseri Tia Hasibuan ini, Joko Anwar tak hanya menjadi sutradara melainkan juga menjadi penulis naskah.

Siksa Kubur yang dirilis pada 11 April 2024 ini menampilkan sejumlah aktor populer Indonesia seperti Reza Rahadian, Faradina Mufti, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Fachri Albar, Happy Salma, dan Arswendy Bening Swara.

Sinopsis Siksa Kubur (2024)

Sita (Widuri Puteri) dan Adil (Muzakki Ramdhan) merupakan kakak beradik dengan hidup yang bahagia. Keduanya mendapatkan kasih sayang yang luar biasa dari Ayah (Fachri Albar) dan Ibu (Happy Salma).

Akan tetapi, kebahagiaan mereka tak berlangsung selamanya. Hangatnya kasih sayang yang selama ini mereka dapatkan tiba-tiba runtuh jadi tragedi setelah kedua orang tua mereka jadi korban meninggal dalam peristiwa bom bunuh diri.

Bom bunuh diri yang dilakukan ekstrimis agama tersebut menimbulkan trauma mendalam bagi Sita. Gadis kecil itu kemudian tumbuh menjadi orang yang mempertanyakan makna kasih sebuah agama.

Setelah beranjak dewasa, Sita (Faradina Mufti) menjadi seorang yang tak mengimani agama, tak mengakui keberadaan Tuhan dan hitung-hitungan dosa maupun pahala manusia.

Trauma dan rasa benci yang dipupuk sempurna dalam hati Sita membuatnya memiliki ambisi untuk mencari orang paling dosa di dunia.

Ia punya rencana, melihat dengan mata kepala sendiri, akankah sang pendosa bakal dihukum dan disiksa serupa apa yang dijelaskan para pemuka agama.

Sita kemudian menemukan orang paling berdosa, menunggunya mati, dan berencana ikut dikuburkan di sampingnya.

Ia kemudian meminta bantuan adiknya, Adil (Reza Rahadian), untuk melakukan rencananya.

Ketika rencana nekat tersebut dijalankan, Sita dan Adil menemukan satu peristiwa yang tak dapat dipercaya oleh mata mereka.

Sedikit demi sedikit, rencana mereka berubah jadi tragedi. Seolah tak ada habisnya, mata mereka berdua dipaksa melihat kengerian dunia pasca kematian.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR