Sinopsis The Matchmaker: Lika-Liku Menjadi “Mak Comblang”

18 Dec 2023 13:12 WIB

thumbnail-article

Salah satu adegan dalam drama "The Matchmaker." Sumber: Soompi.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Drama Korea The Matchmaker adalah drama bergenre romantic-comedy yang rilis pada 30 Oktober 2023 lalu. Mengambil latar Korea masa Kerajaan atau Joseon, drama ini mengangkat kisah tentang seorang janda dan duda yang berusaha melanjutkan hidup. 

Ketatnya peraturan kerajaan pada masa Joseon membuat kisah mereka kemudian berhubungan dengan matchmaker. Seperti namanya, matchmaker yaitu orang yang piawai mengatur perjodohan alias “mak comblang”. 

Drama ini mampu membawa kita ke masa Joseon dengan apik sekaligus memberikan pengenalan tentang bagaimana kehidupan di sekitar lingkaran pemerintahan pada masa tersebut. Menariknya lagi, cerita ini tetap dikemas dengan ringan dan penuh komedi. 

Sejak pertama kali rilis, drama ini mampu meraup rating yang cukup tinggi, bahkan mampu menempati posisi pertama drama Korea ongoing dengan rating tertinggi. 

Disiarkan melalui KBS2 dan Viu dan rilis setiap hari Senin dan Selasa pukul 21.50 KST, drama ini rencananya akan rilis sebanyak 16 episode dengan episode finale dijadwalkan tayang pada 25 Desember 2023 mendatang.

The Matchmaker dibintangi oleh Rowoon, member boyband SF9 yang sedang hiatus. Rowoon sendiri sudah mendapatkan peran main role sejak 2016 lalu dan tahun ini memerankan peran utama dalam drama Destined With you. 

Rowoon akan beradu peran dengan  Choi Yi Hyun yang comeback setelah sepanjang 2023 tidak membintangi drama. Terakhir Choi Yi Hyun membintangi All of Us are Dead yang rilis pada tahun 2022 lalu sebagai pemeran utama.

Sinopsis The Matchmaker

Sim Jung Woo adalah seorang laki-laki yang tampan dan sangat cerdas, bahkan ia menempati peringkat pertama dalam ujian negara. Namun, nasib membawanya terpilih menjadi suami seorang puteri.

Nahas, saat acara pernikahannya, sang putri tiba-tiba meninggal. Setelah kejadian itu kehidupan sempurna Sim Jung Woo tiba-tiba berbalik menjadi kehidupan yang cukup apes. Jung Woo yang tampan dan pintar terikat dengan hukum Joseon menyatakan sebagai suami mendiang putri 

Oleh karena itu, ia tidak boleh menempati posisi di pemerintahan dan tidak boleh menikah lagi. Di tengah kemalangan dan nasibnya itu, Sim Jung Woo bertemu dengan Jung Soon-Deok, seorang janda dari anak kedua menteri utama di pemerintahan.

Jung Soon Deok sendiri ternyata memiliki kehidupan alter rahasia dengan nama samaran Yeojoo-daek. Sebagai Yeojoo-daek, ia bekerja sebagai mak comblang atau seorang yang piawai menjodohkan orang. 

Saking suksesnya dalam menjodohkan orang, Yeojoo Daek terkenal sebagai Konsultan Pernikahan atau mak comblang terbaik di kota Hanyang, Ibukota Korea pada masa Joseon. Selain menjadi mak comblang, Yeojoo juga menjadi penjual pernak-pernik bagi perempuan seperti aksesoris dan kosmetik.

Sim Jung Woo dan Jung Seon Deok kemudian bersama-sama mencari lelaki dan perempuan untuk dinikahi.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER