Skenario Lain Timnas Indonesia Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

27 Maret 2024 14:03 WIB

Narasi TV

Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mendapatkan skor dari Vietnam pada pertandingan lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Sumber: ANTARA.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Kemenangan melawan Vietnam menjadi peluang besar bagi Timnas Indonesia untuk melangkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Berbagai skenario pun mulai muncul mengenai potensi Indonesia lolos ke babak selanjutnya. Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia saat ini menduduki posisi kedua dalam klasemen Grup F dengan total tujuh poin.

Meskipun masih tertinggal lima poin dari Irak yang berada di puncak klasemen, Indonesia unggul empat poin dari Vietnam dan enam poin dari Filipina.

Skenario Timnas Indonesia lolos putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia

Ada tiga skenario yang dapat memastikan langkah Timnas Indonesia ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 saat berhadapan dengan Irak dan Filipina.

  1.       Indonesia meraih kemenangan

Dalam skenario pertama, Timnas Indonesia hanya perlu meraih satu kemenangan dari dua pertandingan terakhir melawan Irak atau Filipina untuk memastikan lolos ke babak ketiga sebagai runner-up Grup F.

Dengan satu kemenangan, Indonesia akan mengumpulkan total 10 poin. Poin ini tidak dapat dikejar oleh Vietnam yang hanya bisa meraih sembilan poin maksimal. Sementara itu, Filipina hanya memiliki potensi tujuh poin maksimal.

  1.       Indonesia bermain imbang

Hasil imbang dalam dua pertandingan terakhir melawan Irak dan Filipina juga dapat mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga, meskipun Vietnam memenangkan dua pertandingan sisa.

Dalam skenario ini, Indonesia dan Vietnam akan sama-sama mengumpulkan sembilan poin. Indonesia akan lolos jika memiliki selisih gol yang lebih baik dari Vietnam.

Timnas Indonesia saat ini memiliki selisih gol 0 karena mencetak enam gol dan kebobolan enam gol, sedangkan Vietnam memiliki selisih gol -3 karena baru mencetak dua gol tetapi kebobolan lima gol.

  1.       Indonesia mengalami kekalahan

Meskipun mengalami kekalahan dalam dua pertandingan terakhir, Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Syaratnya adalah Vietnam harus menang sekali dan kalah sekali dari dua pertandingan sisa. Dengan begitu, Indonesia akan tetap mengumpulkan 7 poin, sedangkan Vietnam hanya memiliki 6 poin.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR