Mengenal SKS, Satuan Kredit Semester: Pengertian, Fungsi, Cara Perhitungan! Calon Maba Wajib Tahu!

1 Agustus 2023 13:08 WIB

Narasi TV

Ilustrasi mahasiswa yang sedang berdiskusi. Sumber: Freepik.

Penulis: Shinta Dewi Anggraeni

Editor: Margareth Ratih. F

SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. Istilah ini mungkin belum familiar di telinga calon mahasiswa. SKS merupakan bagian terpenting dalam proses akademik perkuliahan. SKS menjadi penentu waktu dan beban studi mahasiswa. SKS sangat berpengaruh pada kelulusan mahasiswa sehingga sangat penting untuk memahami istilah ini sebelum Anda memulai perkuliahan.

Setiap kampus memiliki aturan SKS yang berbeda. SKS menjadi satuan waktu sekaligus acuan di setiap perguruan tinggi di Indonesia sesuai dengan arahan dari Kemendikbud. Berikut merupakan pengertian dan fungsi dari SKS.

Apa itu SKS? 

SKS atau Satuan Kredit Semester adalah beban studi mahasiswa pada setiap mata kuliah. Setiap mata kuliah akan memiliki bobot SKS yang berbeda. Jika semakin besar bobot SKSnya maka akan semakin berat pula bobot mata kuliah tersebut. 

Seperti yang dijelaskan di atas, SKS adalah satuan waktu untuk kegiatan pembelajaran efektif selama 16 pekan. Bisa dibilang, SKS adalah jumlah beban studi yang akan diambil dalam satu semester.

1 SKS sama dengan 1 Jam atau 50 menit belajar tatap muka termasuk istirahat. Apabila Anda mengambil 2 SKS dalam satu mata kuliah, maka Anda akan melakukan pembelajaran 2x50 menit dalam satu minggu. Pada umumnya, setiap kampus membebaskan untuk mengambil SKS sesuai dengan kemampuan mahasiswa masing-masing. Namun ada jumlah maksimal SKS yang bisa Anda ambil yakni 24 SKS dalam satu semester.

Fungsi SKS

Fungsi SKS tentunya agar perguruan tinggi lebih mudah dalam menyesuaikan kurikulum dan evaluasi kemampuan belajar. SKS juga digunakan untuk memenuhi pembangunan program pendidikan maupun infrastruktur yang diberikan kepada mahasiswa. Selain itu, sebagai satuan, SKS juga berfungsi sebagai: 

  • Menentukan besar beban studi mahasiswa
  • Besarnya pengakuan keberhasilan pembelajaran mahasiswa
  • Besarnya usaha mahasiswa dalam menyelesaikan program studi
  • Besarnya usaha yang diperlukan bagi penyelenggara pendidikan

Cara perhitungan SKS

Semakin besar bobot SKS tentunya akan semakin lama pula durasi kegiatan belajar mengajar. Tidak hanya dihitung dengan kegiatan belajar-mengajar, kini semenjak ada program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), SKS bisa dikonversi dari kegiatan lain di luar kelas seperti magang Kampus Merdeka, Study Independent, IISMA, Kampus Mengajar dan lain sebagainya. 

Nah, itulah dia pengertian, fungsi serta cara perhitungan dari Satuan Kredit Semester (SKS). Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR