Tips Menjaga Social Battery Agar Tidak Cepat Habis

14 Maret 2024 12:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang duduk menyendiri di beranda. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Pernahkah kamu merasa lelah setelah berinteraksi dengan orang lain? Bisa jadi kamu kehabisan social battery atau baterai sosial. Hal ini wajar terjadi dan dimiliki oleh setiap tipe kepribadian. Lantas, apa itu social battery dan cara mengisi ulangnya?

Social battery adalah energi yang dimiliki seseorang untuk melakukan interaksi sosial. Jika social battery ini habis, maka seseorang tidak memiliki energi untuk bersosialisasi karena kelelahan.

Istilah ini bukan termasuk istilah medis. Namun, social battery dapat menggambarkan jumlah energi seseorang untuk bersosialisasi. Ini merupakan cara yang nyaman untuk menjelaskan pengaruh aktivitas sosial terhadap seseorang.

Bagi seseorang yang memiliki tipe kepribadian introvert akan merasa kehabisan energi setelah berinteraksi dengan banyak orang. Sebaliknya, tipe kepribadian ekstrover justru kehabisan energi ketika tidak berinteraksi dengan siapapun.

Cara mengembalikan social battery-nya pun berbeda. Jika introvert membutuhkan waktu sendirian, maka ekstrover justru harus berinteraksi dengan orang lain agar bisa mendapatkan energinya kembali.

Tanda social battery habis

Berikut tanda-tanda social battery yang habis:

  • Kelelahan
  • Stress
  • Kurang berminat terlibat percakapan
  • Menarik diri
  • Depresi
  • Keinginan untuk cepat pulang
  • Merasa takut sebelum berinteraksi

Meski begitu, tanda-tanda social battery yang habis bisa berbeda setiap orang dengan tipe kepribadian masing-masing. Tanda di atas hanyalah secara umum saja.

Cara mengembalikan social battery

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cara mengembalikan social battery berbeda-beda. Apalagi cara interaksi ekstrovert dan introvert juga berbeda. Namun, cara berikut ini bisa diterapkan untuk tipe kepribadian apapun.

Berikut cara mengembalikan social battery:

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR