Spotify Uji Coba Fitur Tanpa Lirik, Hanya Ada untuk Akun Premium

9 September 2023 06:09 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aplikasi Spotify. (Sumber: Pexels/PhotoMIX Company)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Spotify, salah satu platform streaming musik terkemuka di dunia, kabarnya tengah mengembangkan fitur lirik yang sebelumnya tersedia untuk semua pengguna. 

Melalui kebijakan yang tengah diuji coba tersebut, fitur lirik lagu hanya akan tersedia bagi pelanggan dengan akun premium.

Beberapa pengguna Spotify baru-baru ini mulai mengeluh bahwa lirik lagu favorit mereka sekarang terkunci dan aksesnya dibatasi hanya untuk pengguna premium.

Ketika memutar sebuah lagu dan hendak melihat lirik, pengguna Spotify gratisan akan mendapatkan notifikasi pesan bertuliskan “Enjoy lyrics on Spotify Premium” yang menandakan bahwa fitur lirik kini hanya dapat dinikmati oleh pelanggan berlangganan Spotify Premium.

Namun, perlu dicatat bahwa pembatasan ini saat ini hanya berlaku untuk sejumlah wilayah tertentu. 

Ini berarti bahwa langkah ini masih dalam tahap uji coba dan belum pasti akan diimplementasikan secara global oleh Spotify.

Pihak Spotify menyatakan bahwa kebijakan tersebut merupakan salah satu bagian dari uji coba yang rutin dilakukan perusahaan asal Swedia tersebut.

"Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah uji coba,"  kata Co-head of Global Communications Spotify CJ Stanley, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (7/9/2023).

Menurut Stanley uji coba yang dilakukan Spotify tersebut merupakan cara perusahaan untuk mengembangkan pengalaman pengguna atau menjadi catatan bagi tim pengembang.

Dalam laporan keuangan terbaru yang dirilis Spotify, pengguna akun premium di platform ini berjumlah 220 juta secara global.

Angka tersebut masih kalah dengan pengguna gratisan Spotify yakni sebanyak 343 juta pengguna.

Biaya langganan akun Spotify Premium di Indonesia sendiri dibanderol dengan harga Rp54.990 perbulan untuk akun satuan.

Sedangkan biaya langganan akun Spotify berpasangan dibanderol seharga Rp71.490 perbulan.

Spotify juga menyediakan layanan akun premium untuk keluarga berisi enam akun dengan harga Rp86.900 perbulan.

Sebelum uji coba tersebut dilakukan, Spotify memberlakukan beberapa pembatasan untuk pengguna gratisan, seperti shuffle yang membatasi pengguna gratisan memilih lagu yang mau diputar.

Fitur lirik di Spotify mulai diuji coba oleh Spotify pada tahun 2019 dan diberlakukan secara global pada 2021 lalu.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR