Tak Hanya Raih Medali Emas Asian Games 2023, Rahmat Erwin Abdullah Berhasil Cetak Rekor Dunia Baru

4 Oct 2023 17:10 WIB

thumbnail-article

Lifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan clean and jerk pada final 73 kilogram Grup A Asian Games 2022 di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, Selasa (3/10/2023). . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Prestasi luar biasa ditorehkan oleh atlet angkat besi Indonesia Rahmat Erwin Abdullah dalam cabang olahraga angkat besi kelas 73kg putra Asian Games 2023 yang berlangsung di Hangzhou, Tiongkok pada Selasa (3/10/2023).

Rahmat Erwin keluar sebagai juara dengan meraih medali emas kelas 73kg putra, mencatat total angkatan sebesar 359kg.

Medali emas didapatkan Rahmat setelah mengungguli perolehan berat angkatan dari atlet Thailand Weeraphon Wichuma dan atlet Korea Utara Kumthaek Oh.

Lifter asal Thailand Weeraphon Wichuma meraih medali perak dengan total angkatan 351kg, sedangkan medali perunggu diraih oleh lifter Korea Utara Kumthaek Oh dengan total angkatan 344kg.

Erwin memastikan medali emas saat sukses dalam angkatan kedua dengan beban 196kg. Pada saat itu, Wichuma tidak berhasil dalam angkatan kedua clean and jerk dengan beban 195kg. 

Hal tersebut menjadikan Rahmat Erwin sebagai lifter terakhir di pertandingan setelah usaha kedua Wichuma yang tidak membuahkan hasil.

Pada percobaan ketiga, Wichuma berhasil dengan beban 195kg, membuat total angkatannya mencapai 351kg. Sementara itu, Erwin hanya melakukan satu angkatan clean and jerk dengan beban 192kg.

Prestasi luar biasa Rahmat Erwin terlihat saat angkatannya pada percobaan kedua mencapai 196kg, membuat total angkatannya mencapai 354kg, terpaut 3kg dari Wichuma.

Catatkan rekor dunia baru

Dalam pertandingan angkat besi tersebut, Rahmat Erwin sejatinya dapat melepaskan percobaan ketiga, karena dua percobaan sebelumnya telah memastikan dirinya mendapat medali emas.

Akan tetapi, ia memilih untuk melanjutkan dengan mengajukan angkatan sebesar 201kg pada percobaan terakhir.

Percobaan ketiga dengan beban 201kg yang sukses diangkat tersebut membuat Rahmat Erwin bukan hanya juara dan meraih emas, melainkan juga memecahkan tiga rekor sekaligus, yakni rekor dunia, rekor Asian Games, dan rekor Asia untuk angkatan clean and jerk kelas 73kg putra.

Keunggulan lain dari penampilan Rahmat Erwin Abdullah adalah tidak ada satupun angkatannya yang gagal selama pertandingan.

Rahmat Erwin menjadi satu-satunya peserta di kelas 73kg putra yang berhasil melakukan angkatan snatch maupun clean and jerk tanpa kegagalan.

Keberhasilan Rahmat Erwin menyabet medali emas Asian Games 2022 menambah pundi-pundi emas kontingen Indonesia di ajang pesta olahraga se-benua Asia tersebut.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER