6 Mei Bukan Tanggal Merah, Hari Raya Waisak Jatuh di Tanggal 4 Juni 2023

3 Mei 2023 16:05 WIB

Narasi TV

Upacara Waisak pada 2018 lalu di candi Borobudur. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Di media sosial, beberapa warganet mempertanyakan tanggal 6 Mei memperingati hari apa. Pasalnya, ada salah satu warganet yang mengunggah di TikTok bahwa tanggal 6 Mei 2023 adalah tanggal merah memperingati Hari Raya Waisak. Benarkah demikian?

Beberapa kalender menuliskan tanggal 6 Mei berwarna merah yang artinya libur. Di sana tertulis bahwa 6 Mei 2023 merupakan libur Hari Raya Waisak. Namun, ada pula kalender yang tetap menuliskan tanggal tersebut warna hitam yang artinya bukan hari libur alias hari biasa.

Hal tersebut lantas menjadi pertanyaan salah seorang warganet. Tidak hanya merekam kalendernya, ia juga memberi bukti Surat Keterangan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Libur Nasional yang menyatakan bahwa Hari Raya Waisak jatuh pada Minggu, 4 Juni 2023.

Faktanya, 6 Mei 2023 memang tidak memperingati Hari Raya Waisak. Hari raya tersebut jatuh di tanggal 4 Juni 2023. Maka, jika kamu mengecek kalender, kamu akan menemukan tanggal 4 Juni 2023 ditandai dengan warna merah yang artinya libur. Hal ini juga sudah disepakati dalam SKB 3 Menteri antara Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Ketenagakerjaan.

Alasan Waisak tanggal 4 Juni

Dilansir dari Kompas, Dirjen Bimas Buddha, Supriyadi mengatakan bahwa perayaan Waisak di Indonesia menggunakan patokan astronomi universal. Ini sebagai wujud persatuan dan kesatuan umat Buddha di Indonesia dari berbagai penggunaan kalender lunar (Tionghoa, Jawa, Bali).

“Pedoman yang dipergunakan dalam penetapan hari raya Tri Suci Waisak dan hari besar Buddha lainnya di Indonesia adalah Purnama-Sidhi berdasarkan perhitungan astronomi yang bersifat universal, ilmiah, dan modern,”jelas Supriyadi.

Supriyadi juga menjelaskan bahwa satu tahun kalender Matahari adalah 365 hari, sedangkan satu tahun lunar adalah 355 hari. Pada tahun kabisat lunar, ada 13 purnama dalam satu tahun. Maka, terdapat bulan Waisak ganda seperti tahun 2023 ini. Perhitungan pun berpatokan pada kalender lunar atau chandra Buddhis yang menyesuaikan dengan perhitungan kalender matahari.

“Tahun 2023 Masehi adalah tahun kabisat lunar di mana terdapat bulan Waisak ganda. Maka yang diambil adalah Purnama-Sidhi, Waisak kedua yang jatuh pada 4 Juni 2023 dengan detik Waisak pukul 10.41.19 WIB,”tutur Supriyadi.

Dengan demikian, tanggal 6 Mei 2023 bukanlah hari libur memperingati Hari Raya Waisak. Jadi, kamu tidak perlu berdebat lagi tentang tanggal merah atau bukan, ya!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR