Tarif Masuk ke Planetarium Taman Ismail Marzuki, Murah Banget!

30 Nov 2023 11:11 WIB

thumbnail-article

Taman Ismail Marzuki. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Taman Ismail Marzuki (TIM) yang berlokasi di Cikini, Jakarta Pusat tampil dengan wajah baru yang lebih modern per Agustus 2022. Namun, Planetarium TIM hingga kini belum rampung direvitalisasi. Meski begitu, kamu bisa mengetahui lebih dulu tarif masuk ke Planetarium Taman Ismail Marzuki (TIM) sebelum nantinya benar-benar dibuka.

Penanggung jawab Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ) TIM, M Rayhan menyebut Planetarium masih hidup meski masih proses revitalisasi. Hanya saja pertunjukan di Planetarium belum bisa dibuka karena masih ada upaya menghidupkan kembali Planetarium Mini.

“Planetarium Mini ini membuktikan bahwa Planetarium masih hidup. Banyak diantara masyarakat belum tahu bahwa Planetarium Jakarta ini sedang berada di titik nadir,”ucap Rayhan pada Sabtu (11/11/2023).

Kawasan TIM memang sempat ditutup cukup lama sejak tahun 2019. Alasannya adalah karena pandemi COVID-19 dan revitalisasi kawasan. Planetarium juga turut direvitalisasi lantaran usia gedung dan alat-alatnya yang sudah tua.

Pada saat Hari Ulang Tahun (HUT) TIM ke-55 tahun, Planetarium Jakarta sempat menghadirkan Planetarium Mini. Wahana ini menampilkan pertunjukan astronomi yang dibuka untuk umum tanpa pungutan biaya. Sayangnya, Planetarium membatasi jumlah pengunjung dan belum bisa menjadikan wahana tersebut sebagai pertunjukan rutin.

Hingga kini, warganet terus membanjiri kolom komentar di Instagram Planetarium. Mereka mempertanyakan kapan Planetarium akan dibuka kembali. Apalagi Planetarium menjadi tempat wisata edukasi tentang astronomi yang berdiri cukup lama.

Tarif masuk Planetarium Taman Ismail Marzuki

Meski belum dibuka, tetapi kamu bisa mencari tahu lebih dulu tarif masuk Planetarium Taman Ismail Marzuki. Hal ini berguna untuk memperkirakan berapa uang yang harus dikeluarkan saat berkunjung ke wahana edukasi astronomi tersebut.

Tarif masuknya cukup terjangkau. Berikut tarif masuk Planetarium Taman Ismail Marzuki:

  • Tiket Masuk Teater Bintang Pelajar (Khusus Rombongan): Rp5.000.
  • Tiket Masuk Teater Bintang Non Pelajar (Khusus Rombongan): Rp12.000.
  • Tiket Masuk Individu SD/SMP: Rp7.000.
  • Tiket Masuk Individu Dewasa: Rp12.000.

Jam buka Planetarium yaitu pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Kamu bisa berkunjung ke Planetarium setiap hari kecuali hari Senin.

Wahana di Planetarium

Dibukanya Planetarium tentu menjadi momen yang paling dinantikan. Pengunjung bisa menikmati berbagai wahana edukasi astronomi di sana dengan harga tiket yang terjangkau. Ada wahana apa saja di sana?

  • Teater Bintang

Teater inilah yang paling diminati oleh pengunjung. Kamu akan masuk ke ruangan seperti bioskop dengan langit-langit kubah yang menjadi layarnya selama 50-60 menit.

Kamu akan merasa seperti melihat pemandangan langit malam dengan segala situasi dan kondisi. Ada berbagai pertunjukan seperti pembentukan tata surya, gerhana matahari dan bulan, riwayat hidup bintang, dan situasi tata surya.

  • Teleskop Observatorium

Bicara tentang langit dan bintang, tentu kamu familiar dengan teleskop. Di Planetarium, ada Teleskop ASKO yang menggunakan cermin dengan diameter 31 cm. Biasanya teleskop ini digunakan untuk penelitian dan penentuan Hari Raya Idul Fitri.

Selain ASKO, ada juga Teleskop Takahashi, Coude, dan 10 teleskop portabel yang bisa dibongkar pasang. Jika sedang ada fenomena astronomi, biasanya ruangan ini akan dibuka untuk umum sehingga pengunjung bisa ikut melihat fenomena yang tengah berlangsung.

  • Ruang Pameran

Ruangan ini akan memamerkan berbagai peralatan observasi astronomi, gambar benda langit, pakaian astronot, dan koleksi pecahan batu meteor. Di setiap peralatannya pun terdapat deskripsi untuk memudahkan pengunjung dalam memahaminya.

Itu tadi sedikit informasi mengenai Planetarium Taman Ismail Marzuki. Siapa yang sudah tidak sabar berkunjung ke wahana edukasi astronomi?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER