Sinopsis Unlocked: Ketika Data Pribadi Jatuh ke Tangan Psikopat

1 Maret 2023 22:03 WIB

Narasi TV

Sinopsis film Unlocked (2023). (Sumber: Netflix)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Unlocked merupakan film Korea Selatan yang berkisah tentang seberapa bahayanya jika data pribadi kita diakses orang tak bertanggung jawab.

Film yang dirilis pada 17 Februari 2023 ini dapat ditonton melalui layanan streaming Netflix. 

Unlocked diadaptasi dari novel Jepang karya Akira Shiga berjudul Sumaho o Otoshita (2017). 

Sebelum diangkat sebagai film di Korea, novel tersebut sudah terlebih dahulu diangkat ke dalam film di Jepang dengan judul Stolen Identity (2018).

Film Unlocked sempat menjadi trending media sosial, banyak warganet yang mengulas kisah dalam film ini karena dekat dengan persoalan dalam dunia yang serba online sekarang.

Film ini dibintangi oleh aktor Korea Selatan Im Si Wan yang sebelumnya juga sempat berperan dalam drama bergenre thriller lain seperti Strangers from Hell (2019) dan Emergency Declaration (2021).

Selain itu, Unlocked turut diperankan oleh Chun Woo-hee, aktor Korea peraih penghargaan Best Actress Blue Dragon Film Awards 2014 lalu.

Sementara itu, di kursi sutradara terdapat Kim Tae Joon yang pernah bekerja sama dengan sutradara Kim Sung Su dalam film The Flu (2013) yang viral saat pandemi Covid-19 lalu.

Sinopsis Unlocked (2023)

Film Unlocked menceritakan kehidupan Lee Na-Mi (Chun Woo-hee), ia merupakan seorang wanita biasa yang bekerja sebagai karyawan marketing di salah satu perusahaan start-up.

Suatu hari, Lee Na-Mi harus kehilangan ponselnya di bus usai ia keluar minum bersama teman-temannya. Ponsel itu berisikan data-data pribadi miliknya.

Nasib baik datang ke Lee Na-Mi, ponselnya ditemukan oleh Oh Jun Yeong (Im Si wan) dan ponsel tersebut dikembalikan kepada Lee Na-Mi.

Namun sejak saat itu banyak kejadian aneh yang mengancam hidup Lee Na-Mi. 

Setelah ditelusuri ternyata Oh Jun Yeon merupakan seorang hacker dan psikopat. Naasnya Oh Jun Yeon telah meretas ponsel Lee Na-Mi dan memasang spyware di dalamnya.

Parahnya lagi Oh Jun Yeon juga melacak semua identitas dan kehidupan Lee Na-Mi, mulai dari hobi, keuangan, sampai media sosialnya. Ia bahkan menyebarkan identitas Lee Na-Mi untuk melakukan kejahatan.

Sampai-sampai Lee Na-Mi juga dituduh terlibat dalam kasus pembunuhan, kasus ini akhirnya ditangani oleh detektif bernama Ji Man (Kim Hee Won).

Detektif tersebut kemudian membantu Lee Na-Mi menyusuri identitasnya guna menangkap Oh Jun Yeon.

Apakah keduanya bisa mengungkap kejahatan yang telah dilakukan oleh Oh Jun Yeon? Seperti apa nasib akhir dari Oh Jun Yeon?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR