Tema Debat Pilpres 2024 Keempat dan Jadwal Penyelenggaraannya

19 Januari 2024 20:01 WIB

Narasi TV

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) bergandengan tangan usai mengikuti debat cawapres sesi pertama di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Komisi Pemilihan Umum atau KPU bakal menggelar debat keempat Pilpres 2024 akhir pekan ini pada Minggu (21/1/2024).

Dalam debat keempat kali ini, peserta debat adalah cawapres dari tiga kandidat capres, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Tema debat pilpres ke empat

Debat keempat pada Minggu malam nanti mengusung tema “pembangunan berkelanjutan; sumber daya alam; lingkungan hidup; energi; pangan; agraria; masyarakat adat dan desa”.

Debat kedua bagi para cawapres tersebut dijadwalkan akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Tiga stasiun televisi akan menayangkan debat Pilpres keempat pada Minggu nanti, yakni SCTV, Indosiar, dan Metro TV.

Berlangsung selama 150 menit, acara debat Pilpres 2024 yang keempat tersebut akan terbagi dalam enam segmen dengan total durasi 130 menit dan 30 menit sisanya untuk iklan.

Berikut adalah jadwal lengkap debat Pilpres 2024 yang keempat dan tema yang akan dibahas oleh tiga cawapres nanti:

  • Hari, tanggal: Minggu, 21 Januari 2024.
  • Jam tayang: 19.00 WIB.
  • Lokasi: Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.
  • Tema debat keempat Pilpres 2024: Pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Dipandu oleh dua moderator perempuan

Berdasarkan keterangan August Mellaz selaku Komisioner KPU RI, debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu mendatang untuk pertama kalinya akan dipandu oleh dua moderator perempuan.

“Untuk kali ini debat keempat dua-duanya (moderator) perempuan,” ungkap August, dinukil dari Antara.

Kedua moderator perempuan itu adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. Kedua moderator ini merupakan jurnalis (news anchor) dengan pengalaman yang mumpuni.

Retno Pinasti adalah jurnalis stasiun televisi SCTV, sementara Zilvia Iskandar merupakan jurnalis stasiun televisi Metro TV.

“Yang jelas sejak awal pertemuan kami dengan media penyelenggara dengan tim pasangan calon, media penyelenggara tentu berupaya mengajukan figur-figur yang sangat kompeten, sangat menguasai terkait dengan pelaksanaan debat untuk menjadi moderator,” jelas August.

Sebelumnya, KPU telah tiga kali menggelar debat Pilpres 2024, yakni pada 12 Desember 2023 untuk capres, 22 Desember 2023 untuk cawapres, dan 7 Januari 2024 untuk capres.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR