Hati-hati Aplikasi ChatGPT Palsu, Begini Cara Identifikasinya

13 Juni 2023 14:06 WIB

Narasi TV

Ilustrasi penggunaan ChatGPT. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Chatbot berbasis kecerdasan artifisial (AI) seperti saat ini tengah berada di puncak popularitas. ChatGPT besutan OpenAI menjadi salah satu chatbot yang paling banyak digunakan sekaligus paling banyak dipalsukan. 

Popularitas ChatGPT membuat nama chatbot itu banyak dicatut oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Banyak pengembang aplikasi yang menggunakan nama “ChatGPT” untuk aplikasi-aplikasi tiruan. 

Hingga saat ini, ChatGPT belum hadir dalam bentuk aplikasi. Pengguna hanya dapat mengakses layanan ChatGPT melalui laman chat.openai.com

Namun, banyak aplikasi di Google Play Store maupun App Store yang mencatut nama “ChatGPT” untuk mengecoh pengguna.

Keberadaan aplikasi ChatGPT palsu yang sengaja dibuat oleh pelaku kejahatan siber tentunya dapat merugikan pengguna. 

Ciri-ciri ChatGPT palsu

Beberapa orang mungkin menjumpai kesulitan dalam mengidentifikasi aplikasi ChatGPT palsu. Sebab, pengembang aplikasi biasanya cukup cerdik dengan menghadirkan tampilan aplikasi yang begitu meyakinkan. 

Namun, jika diperhatikan secara lebih saksama, aplikasi ChatGPT palsu umumnya memiliki beberapa ciri yang patut dicurigai. 

Misalnya, aplikasi akan meminta informasi dan izin untuk hal-hal yang kurang penting atau meminta pengguna untuk membayar biaya langganan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Dilansir dari ZDNET, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya terhindari dari aplikasi ChatGPT palsu.

  • Mengecek izin aplikasi

Beberapa aplikasi ChatGPT palsu dapat membahayakan privasi pengguna dengan meminta izin akses tertentu seperti kontak, telepon, dan file media. 

Sebelum mengunduh aplikasi ChatGPT, periksa kembali apakah izin akses yang diminta aplikasi benar-benar dibutuhkan atau tidak. 

  • Memastikan kredibilitas pengembang aplikasi

ChatGPT merupakan layanan yang dikembangkan oleh OpenAI dan hingga saat ini masih belum memiliki versi aplikasi. Jadi, chatbot lain yang ada di Google Play Store maupun App Store jelas bukan merupakan produk OpenAI. 

Jika ada aplikasi yang mengkalim bernama ChatGPT tetapi pengembangnya bukan OpenAI, maka sudah jelas bahwa aplikasi itu adalah tiruan atau scam

  • Memeriksa ulasan aplikasi

Terakhir, jangan lupa untuk memeriksa kolom ulasan aplikasi yang tersedia di Google Play Store maupun App Store. 

Beberapa pencipta aplikasi palsu mungkin memanfaatkan ulasan berbayar untuk mendapatkan rating yang tinggi. Supaya tidak tertipu, Anda bisa mengecek ulasan dari pengguna yang memberikan rating rendah pada aplikasi tersebut. 

Semoga informasi ini bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR