Tentang Red Nose Day, Aksi Penggalangan Dana Sambil Berbagi Kebahagiaan

17 Maret 2023 09:03 WIB

Narasi TV

Red Nose Day tiap 17 Maret. Sumber: CNN.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Apakah kamu pernah mendengar istilah Red Nose Day? Acara ini biasa diperingati tanggal 17 Maret setiap tahunnya. 

Sama seperti artinya dalam bahasa Indonesia yaitu Hari Hidung Merah, ini adalah acara penggalangan dana yang menyenangkan. Pasalnya, semua orang yang terlibat dalam acara ini harus menggunakan hidung merah seperti badut.

Nama Red Nose sendiri sebenarnya memiliki makna tidak hanya sebatas menggunakan aksesoris hidung merah saja. Lebih dari itu, orang-orang yang terlibat akan melakukan berbagai cara untuk membuat orang lain tertawa.

Hidung merah dapat dibeli melalui Walgreens di Amerika. Setiap penjualan satu hidung merah akan didonasikan kepada Comic Relief Inc.’s Red Nose Day Fund

Sejarah Red Nose Day

Bicara tentang sejarah Red Nose Day, maka kita akan kembali pada tahun 1986. Saat itu, Comic Relief memulai penggalangan dana untuk orang-orang kelaparan di Ethiopia. Perlu diketahui, Comic Relief adalah suatu gerakan di Inggris yang memang berfokus pada kegiatan amal.

Tahun berikutnya, Red Nose Day ditetapkan dan diadakan setiap dua tahun sekali. Red Nose Day terus melakukan penggalangan dana bagi orang yang membutuhkan, tidak harus saat ada bencana, melainkan juga untuk mengakhiri kemiskinan pada anak.

Tahun 2015, Red Nose Day masuk ke Amerika Serikat. Mereka berhasil mengumpulkan dana hingga Rp194 miliar. Uang yang dikumpulkan kemudian dibagikan kepada anak-anak di 50 negara bagian Amerika dan 25 negara lain.

Acara Red Nose Day yang awalnya diadakan setiap dua tahun sekali, kini menjadi satu tahun sekali. Keputusan ini berlaku sejak tahun 2021.

Cara merayakan Red Nose Day

Siapapun bebas merayakan Red Nose Day dengan cara masing-masing. Berikut beberapa ide cara merayakan Red Nose Day yang bisa menginspirasi kamu:

  • Gunakan hidung merah

Hidung merah memang identik dengan badut yang dapat menghibur seseorang, khususnya anak-anak. Kamu bisa menggunakan hidung merah untuk membagikan perasaan bahagia bersama orang-orang di sekitar.

  • Buat donasi

Red Nose Day mendukung pengentasan kemiskinan anak di seluruh dunia. Maka, kamu bisa berpartisipasi dalam mewujudkan cita-cita tersebut dengan memberikan donasi. Donasi bisa kamu salurkan kepada Red Nose Day di Amerika dan Inggris melalui situs berikut:

Inggris: www.comicrelief.com/rednoseday

Amerika Serikat: https://rednoseday.org/

  • Buat pesta Red Nose Day

Kamu bisa mengajak teman atau keluargamu untuk memperingati Red Nose Day dengan cara mengenakan hidung merah selama pesta berlangsung. Tema pesta pun berkaitan dengan Red Nose Day yang bertujuan untuk menghibur sesama.

Selama pesta berlangsung, kamu bisa ajak teman dan keluargamu untuk menggalang dana bagi orang-orang yang membutuhkan. 

Walaupun Red Nose Day baru diadakan secara resmi di Inggris dan Amerika, bukan berarti Indonesia tidak bisa ikut merayakannya. 


Nilai-nilai dan tujuan Red Nose Day bisa kita jadikan contoh untuk membuat kegiatan penggalangan dana yang menarik. Dana yang terkumpul bisa kita salurkan kepada orang-orang yang membutuhkan, terutama untuk mengentaskan kemiskinan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR