Pemeran Emak di Bajaj Bajuri, Nani Wijaya Meninggal Dunia

16 Mar 2023 16:03 WIB

thumbnail-article

Foto mendiang Nani Wijaya. (Sumber: Instagram/cahyakamila88)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Berita duka datang dari panggung seni peran tanah air, Nani Wijaya, yang dikenal sebagai aktris senior Tanah Air meninggal dunia pada  pagi ini Kamis, 16 Maret 2023

Kabar meninggalnya Nani Wijaya disampaikan oleh putrinya, Cahya Kamila melalui akun Instagram pribadinya, @cahyakamila88.

“INNALILLAHIWAINNAILAIHIROJIUN Telah berpulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya . Di Rs Fatmawati 16 Maret 2023 pd pukul 3.28 dinihari, Mohon dimaafkan segala kesalahan yg disengaja maupun tidak disengaja,” tulis cahya kamila.

Selain putrinya, kabar duka ini juga dibagikan oleh Rieke Diah Pitaloka lawan main Nani Wijaya di sitkom Bajaj Bajuri.

“Telah berpulang ke Rahmatullah Ibu Hj. Nani Wijaya Kamis (16/03/2023) pukul 03:28 wib. Mohon dimaafkan segala kesalahan almarhum emak semasa hidupnya. Dilapangkan dan diterangkan kuburnya Dan untuk keluarga yang ditinggalkan, agar diberi kekuatan dan kesabaran. Aamiin yaa rabbal ‘aalamiin,” tulis Rieke di akun Instagram pribadinya, @riekediahp.

Diketahui, Nani Wijaya menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta, sekitar pukul 3 dini hari. Sebelumnya, pemeran tokoh Emak di Bajaj Bajuri sempat masuk rumah sakit pada 1 Maret 2023.

Pihak keluarga melarikannya ke RS Fatmawati setelah mengeluhkan mengalami sesak nafas. Kondisinya sempat membaik namun kini artis senior tersebut telah meninggalkan kita selama-lamanya.

Mengenang Nani Wijaya

Nani Wijaya merupakan artis senior kelahiran Cirebon tanggal 10 November 1943. artis yang meninggal di usia 79 tahun ini telah banyak membintangi judul film dan sinetron.

Film pertama Nani Wijaya adalah Darah Tinggi karya Lilik Sudijo yang dirilis pada 1960. 

Setelah Darah Tinggi, Nani Wijaya melebarkan kariernya dan menghiasi sejumlah film dan sinetron populer Indonesia, seperti Si Doel Anak Betawi (1973) Nostalgia di SMA (1980), dan Catatan si Boy (1987).

Aktris senior satu ini merupakan anggota Golden Girls, bersama Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hassim. 

Golden Girls merupakan sebutan yang disematkan untuk para aktris perempuan top era 70-an.

Karier Nani Wijaya dalam dunia seni peran pun berlangsung panjang, pada 2002, ketika ia berusia 59 tahun, Nani masih aktif berakting dan dengan piawai memerankan karakter Emak di sitkom Bajaj Bajuri.

Malang melintang di dunia seni peran Tanah Air, Nani tercatat mendapatkan sederet penghargaan bergengsi.

Seperti dalam ajang Festival Film Indonesia dalam kategori pemeran pendukung wanita terbaik pada tahun 1978 dan 1983.

Nani Wijaya juga menerima penghargaan Lifetime Achievement Award pada Festival Film Bandung pada 2010 dan Indonesia Movie Actors Awards 2021 dan 2022.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER