The Beatles Rilis Lagu Baru dengan Bantuan AI untuk Mengenang John Lennon

14 Juni 2023 15:06 WIB

Narasi TV

Paul McCartney dan John Lennon saat masih aktif bermusik di grup The Beatles. Sumber: BBC.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

The Beatles merilis lagu baru dengan bantuan Artificial Intelligence (AI) untuk mengekstrak suara John Lennon. Caranya dengan mengambil suara John Lennon dari rekaman demo lama, kemudian menciptakan “rekaman terakhir The Beatles”.

Hal ini disampaikan oleh satu-satunya anggota The Beatles yang masih hidup, Paul McCartney (80) pada BBC. Teknologi AI ini dimaksudkan untuk memisahkan suara The Beatles dari latar belakang pembuatan seri dokumenter Peter Jackson berjudul The Beatles: Get Back (2021).

“Kami dapat mengambil suara John Lennon dan membuatnya murni melalui Teknologi AI. Ini memberi Anda semacam keleluasaan,” ujarnya dalam wawancara dengan BBC Selasa (13/6/2023).

Teknologi AI ini dimanfaatkan untuk menjernihkan vokal dan instrumen lama dalam film The Beatles: Get Back. Bahkan teknologi ini memungkinkan McCartney untuk “berduet” dengan Lennon. Hal ini sudah dipraktikkan oleh McCartney pada Glastonbury Festival 2022. Duet McCartney dan Lennon ini membawakan lagu berjudul I’ve Got a Feeling.

Paul McCartney tidak menyebut judul lagu demo lama tersebut. Kemungkinan besar lagu ini adalah komposisi John Lennon tahun 1978 yang berjudul Now And Then. Pasalnya, lagu ini termasuk demo dalam kaset berlabel “For Paul” karya John Lennon. Ia tidak pernah menyelesaikan lagu tersebut hingga akhir hayatnya.

Dalam demo tersebut, John Lennon tampak sedang menyanyikan konsep lagu dengan iringan piano. Rencananya lagu The Beatles dengan bantuan teknologi AI akan dirilis tahun ini.

John Lennon meninggal pada tahun 1980 karena dibunuh. Untuk mengenangnya, istri John Lennon, Yoko Ono memberikan kaset tersebut kepada McCartney.

Munculkan kekhawatiran

Meskipun McCartney senang dengan kemajuan teknologi ini, namun ia juga merasa khawatir akan kecerdasan AI tersebut. McCartney menggambarkan teknologi AI ini sebagai sesuatu yang menakutkan tapi mengasyikkan.

“Saya tidak terlalu sering menggunakan internet (tetapi) orang akan berkata kepada saya ‘Oh ya, ada lagu dimana John menyanyikan salah satu lagu saya,’ dan itu hanya AI,”ujar McCartney.

Ia juga menyebut bahwa selama kita tahu ke mana arahnya, maka teknologi AI ini tetap akan bermanfaat bagi masa depan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR