8 Tipe Teman Toxic yang Harus Dihindari, Bisa Bikin Kamu Tidak Berkembang

14 September 2023 12:09 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pertemanan dua perempuan. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Memiliki hubungan pertemanan yang toxic dapat memberi dampak negatif bagi dirimu. Kamu merasa sulit berkembang dan mengalami kemunduran dalam hidup. Lantas, apa saja tipe teman yang harus dihindari karena toxic? Simak penjelasannya berikut ini!

Biasanya, teman toxic memiliki perilaku yang kurang baik. Kamu sering merasa tidak didukung, selalu disalahkan, direndahkan, digosipkan, dan lain sebagainya. Kamu menjadi tidak bisa berkembang sebagai pribadi yang positif lagi.

Meskipun kita dianjurkan berteman dengan siapa saja, tetapi perlu juga untuk selektif dalam memilih pertemanan. Alih-alih berkembang, pertemanan yang toxic justru akan membuatmu tersiksa.

Tipe teman yang harus dihindari

Sebelum menjalin hubungan pertemanan, berikut tipe teman yang harus dihindari agar kamu tidak terjebak dalam toxic friendship:

  • Teman yang suka bersaing negatif

Kompetitif dalam pertemanan memang menjadi sesuatu yang baik. Kamu akan merasa termotivasi sehingga berusaha menjadi yang terbaik. Namun, apabila kamu bertemu teman yang berambisi mengalahkanmu, sebaiknya segeralah menghindar.

Pertemanan seperti itu tidak hanya menguras energi, tetapi juga membuat kesal. Apapun yang kamu lakukan terkesan selalu salah.

  • Teman yang sering mengabaikan

Ada teman yang selalu mengajak kita ikut dalam kegiatan, tapi ada juga teman yang sering mengabaikan. Kamu merasa seolah sedang dimanfaatkan dan dibutuhkan ketika mereka perlu saja. Apalagi jika temanmu sering membatalkan sesuatu secara mendadak tanpa alasan yang jelas. 

  • Teman moody

Perlu diakui bahwa teman yang moody dapat berdampak buruk. Kamu seolah dituntut untuk selalu mengerti perasaannya. Terkadang ia bisa tiba-tiba marah padamu tanpa alasan yang jelas. Sebaiknya jauhi tipe teman seperti ini ya!

  • Teman egois

Teman yang selalu ingin membicarakan dirinya sendiri dan mengabaikanmu juga harus dihindari. Apalagi jika dia tidak pernah mau mendengarkan ceritamu. Ingat, hubungan harus berjalan dua arah, termasuk dalam hubungan pertemanan.

  • Teman yang selalu berpikir negatif

Sebaiknya hindari teman yang selalu berpikir negatif, apalagi jika pemikiran tersebut dapat memengaruhimu. Pertemanan yang baik adalah saling memotivasi, bukan malah menurunkan semangat.

  • Teman yang selalu bergosip

Tak bisa dipungkiri bahwa bergosip menjadi salah satu kebiasaan bersama teman. Namun, kamu juga harus berhati-hati. Bisa jadi kamu menjadi target gosip selanjutnya. Hal tersebut dapat menghilangkan kepercayaan dalam hubungan pertemanan kalian.

  • Teman pengkhianat

Tidak semua teman bisa kamu beri kepercayaan. Maka, kamu harus selektif ketika ingin mencurahkan isi hati dan menceritakan suatu rahasia. Ingat, teman dekat pun bisa berubah menjadi musuh mematikan.

  • Teman banyak drama

Terakhir adalah tipe teman banyak drama. Tipe seperti ini sangat suka memutarbalikkan fakta ketika sedang bercerita. Ia seolah memposisikan diri sebagai korban guna menarik simpati orang. Dengan begitu, semua orang akan memperhatikannya dan mendukungnya.

Itu tadi delapan tipe teman yang harus dihindari. Adakah temanmu yang termasuk dalam kategori tersebut?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR