Tips Menghemat Biaya Pernikahan, Intimate Wedding Bisa Jadi Solusi

7 November 2023 12:11 WIB

Narasi TV

Ilustrasi rancangan biaya untuk pernikahan. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Pernikahan memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Apalagi jika ingin melangsungkan pesta resepsi. Biayanya mulai dari belasan hingga ratusan juta rupiah. Lantas, bagaimana tips hemat biaya pernikahan?

Tak bisa dipungkiri setiap orang memiliki ekspektasi acara pernikahannya masing-masing. Ada yang ingin acara pernikahannya seperti di negeri dongeng, ada pula yang ingin sederhana dengan konsep intimate wedding.

Pada dasarnya, mewujudkan pernikahan impian bukan berarti harus menghabiskan biaya besar. Ada tips yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya pernikahan. Dengan begitu, pasangan bisa mengalokasikan dana pada kebutuhan lainnya seperti rumah dan dana pendidikan anak.

Tips hemat biaya pernikahan

Berikut tips menghemat biaya pernikahan yang bisa kamu terapkan:

  • Tetapkan anggaran realistis

Pertimbangkan kemampuan finansial kedua mempelai dan keluarga. Oleh karena itu, tetapkan anggaran yang realistis. Dalam hal ini, kamu juga bisa berbagi tugas dengan pasangan.

Umumnya, dalam menetapkan anggaran pernikahan adalah 40-60 persen untuk biaya resepsi seperti sewa gedung, catering, dan hiburan. Sisanya dapat dialokasikan untuk gaun, make up, souvenir, dan lain sebagainya.

  • Kurangi jumlah tamu undangan

Dengan mengurangi tamu undangan, kamu juga bisa mengurangi biaya pernikahan. Kamu tak perlu mengundang semua orang yang dikenal. Cukup undang kerabat dan keluarga dekat. Kamu bisa berdiskusi dengan pasangan terkait siapa saja tamu yang ingin diundang dengan pembagian rata antara pihak laki-laki dan perempuan. 

  • Gunakan undangan virtual

Seiring kemajuan teknologi, kamu tak perlu mencetak ratusan hingga ribuan kertas untuk undangan. Kamu bisa menggunakan undangan online. Jadi, kamu hanya perlu menyebarkan link saja.

Jika tetap ingin mencetak undangan, batasi jumlahnya hanya untuk tamu yang dihormati. Jangan lupa untuk mencatat siapa saja tamu yang akan diberi undangan secara fisik sehingga kamu dapat memesan sesuai jumlah dalam daftar.

  • Lakukan pesta pernikahan di hari kerja

Sewa gedung di akhir pekan memang relatif mahal. Kamu bisa mencoba alternatif seperti menggelar pesta di hari kerja saat sore atau malam hari setelah jam kerja berakhir.

  • Pilih tempat yang terjangkau

Biaya sewa gedung memang mahal. Oleh karena itu, kamu bisa menyewa gedung yang lebih kecil jika tamu undangan tak terlalu banyak. Kamu juga bisa memikirkan tempat lebih murah di outdoor seperti hutan, taman, atau side pool.

Itu tadi beberapa tips menghemat biaya pernikahan. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR