7 Tips Lolos Beasiswa LPDP, Siap Bersaing dengan Ribuan Pelamar Lainnya

4 Jul 2024 16:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi beasiswa LPDP.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 Tahap 2 sudah dibuka. Tahap ini akan berlangsung hingga 18 Juli 2024. Peminatnya yang banyak membuat persaingan antar pendaftar cukup ketat. Berikut beberapa tips agar dapat lolos LPDP 2024.

Beasiswa LPDP ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang akan melanjutkan pendidikan Magister (S2) dan Doktor (S3) di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Pada LPDP tahap 2 ini akan dibuka lima jenis program diantaranya Program Umum, Program Afirmasi, Program Targeted, Program Prioritas, Program Kerja Sama, dan Program Double Degree/Joint Degree.

Bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi beasiswa ini dapat mengunjungi https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Pada tahap pertama pendaftaran, kamu harus mengisi formulir dan mengunggah semua berkas yang diperlukan untuk administrasi.

Oleh karena banyak peminat, tentu calon penerima beasiswa LPDP harus bersaing secara ketat. Jadi, kamu harus mempersiapkan berbagai hal agar dapat menerima beasiswa bergengsi tersebut. Simak penjelasan berikut mengenai beberapa tips agar lolos LPDP.

Tips lolos LPDP

Berikut tips lolos seleksi LPDP yang memiliki tingkat persaingan ketat:

  • Tentukan kampus dan jurusan tujuan

Kamu harus sudah menentukan universitas dan jurusan yang ingin diambil sejak awal. Pastikan jurusan sesuai yang diminati agar nantinya lebih enjoy dalam mengikuti perkuliahan. Selain itu, pemilihan kampus dan jurusan juga harus sesuai dengan rencanamu ke depan. Jangan asal pilih apalagi ikut-ikutan orang lain.

  • Menyiapkan berkas jauh-jauh hari

Syarat administrasi dalam mendaftar LPDP cukup banyak. Kamu tidak bisa mempersiapkan dalam waktu yang singkat. Jadi, pastikan kamu teliti dan mempersiapkan seluruh berkas jauh-jauh hari.

Ingat, tidak semua dokumen pendaftaran LPDP bisa didapatkan dalam semalam. Misalnya surat keterangan sehat dari rumah sakit, sertifikat TOEFL/IELTS, dan lain-lain.

  • Meningkatkan TOEFL atau IELTS

Pendaftar LPDP harus memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS. Jadi, pastikan kamu memeroleh skor yang baik agar peluang lolosnya semakin besar. Apalagi jika ingin mendaftar ke universitas luar negeri.

  • Rencana studi harus jelas

Pastikan untuk membuat rencana studi yang selaras dengan visi LPDP. Hal ini dapat membuat penyelenggara beasiswa semakin tertarik. Kamu bisa menunjukkan berbagai prestasi yang pernah dicapai, baik akademik maupun non-akademik.

  • Memiliki kontribusi untuk bangsa

Selain rencana studi, kamu juga harus menyiapkan rencana kontribusi untuk negeri. Biasanya rencana ini dituangkan dalam esai yang dilampirkan dalam pendaftaran. Pastikan kontribusi ini sesuai dengan bidang yang digeluti dan bermanfaat bagi masyarakat.

Nantinya, penerima LPDP akan mempertanggungjawabkan rencana kontribusi tersebut di masa akhir studi.

  • Menyiapkan visi dan misi

Dalam hal ini, pendaftar perlu menyiapkan visi dan misi yang selaras dengan visi dan misi LPDP yaitu mempersiapkan pemimpin masa depan dan mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

  • Percaya diri

Terakhir yaitu kepercayaan diri. Tetap berusaha optimis dan memaksimalkan potensi selama menjalani prosesnya. Dengan meningkatkan rasa percaya diri, kamu akan menghadapi setiap proses dengan tenang dan yakin. Secara tidak langsung akan memengaruhi saat proses wawancara karena berkaitan dengan public speaking.

Demikian tips lolos beasiswa LPDP yang sering dibagikan oleh para awardee-nya. Apakah kamu siap melewati proses seleksi beasiswa LPDP?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER