8 Tips Ampuh Lulus Kuliah 3,5 Tahun dan Punya Banyak Pengalaman

7 Jul 2024 10:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi lulus kuliah 3,5 tahun. (Sumber: Freepik/rawpixel.com)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Idealnya kuliah S1 biasanya ditempuh selama 4 tahun. Namun, tak sedikit pula yang menyelesaikannya dalam waktu 3,5 tahun. Memang butuh usaha keras untuk dapat mencapai impian tersebut. Berikut sejumlah tips lulus kuliah 3,5 tahun.

Impian lulus kuliah 3,5 tahun sangat terbuka bagi mahasiswa semester awal. Pasalnya, kamu masih bisa mengatur strateginya sejak awal. Tidak hanya menghemat biaya kuliah, lulus 3,5 tahun juga dapat memudahkan mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan.

Sebelum menyusun strategi, kamu bisa lebih dulu memahami kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan setiap semesternya. Mengingat sebagian kampus sudah menerapkan sistem paket, khususnya pada semester awal perkuliahan. 

Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan dengan adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN), magang, dan tugas akhir skripsi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dosen atau senior di kampus.

Tips lulus kuliah 3,5 tahun

Berikut tips lulus kuliah 3,5 tahun yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Susun rencana studi

Pertama yaitu menyusun rencana studi (study plan). Ini sangat berguna untuk menentukan langkah selama menempuh pendidikan S1. Selain itu, rencana studi juga berguna untuk mendapatkan beasiswa.

Kamu bisa menyusun mulai dari rencana mata kuliah yang ingin diambil, kegiatan pengembangan hard skill atau soft skill yang ingin diikuti, serta rencana topik skripsi yang ingin diambil.

Meski begitu, perlu disadari bahwa tidak semua rencana berjalan lancar. Jadi, tidak masalah jika pada akhirnya rencana studi tersebut tidak 

2. Buat target IPK

Setelah itu, mulailah menyusun target Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh setiap semester. Hal ini sangat penting untuk menentukan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang bisa diambil pada semester berikutnya.

Umumnya, IPK yang berlaku di Indonesia maksimal 4,00. Semakin tinggi IPK yang dapat diraih, semakin besar pula kesempatan untuk mengambil mata kuliah yang banyak.

3. Hindari mengulang mata kuliah

Sebisa mungkin hindari mengulang mata kuliah, terutama yang bersifat wajib. Hal ini dapat menghambat mahasiswa untuk bisa lulus 3,5 tahun. Pastikan kamu benar-benar mempelajari materi kuliah dan tidak melewatkan tugas yang diberikan oleh dosen.

4. Ambil mata kuliah semester atas

Batas maksimal SKS yang bisa diambil mahasiswa adalah 24 SKS. Sementara beban studi S1 umumnya 144 SKS yang terbagi dalam beberapa semester dan mata kuliah.

Jika perguruan tinggi memungkinkan mahasiswa mengambil mata kuliah semester atas, jangan ragu untuk mengambilnya. Pastikan dulu syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengambil mata kuliah yang bersangkutan.

5. Ambil topik skripsi yang dikuasai

Saat semester akhir, mahasiswa akan mengerjakan tugas akhir yaitu skripsi. Usahakan untuk mengambil topik skripsi yang dikuasai agar tidak merasa kesulitan saat mengerjakan. Mengingat bahwa skripsi menjadi masa paling rawan dalam studi. Baik itu masalah waktu, narasumber atau responden, bimbingan dengan dosen, dan lain sebagainya.

6. Rutin berdiskusi dengan dosen

Kamu juga bisa mengajak dosen berdiskusi soal rencana studi, materi kuliah, kendala saat kuliah, maupun kegiatan kemahasiswaan. Dosen akan dengan senang hati memberikan masukan untuk memperlancar proses studi tersebut.

7. Asah softskill

Softskill bisa diasah melalui organisasi, lokakarya, seminar, komunitas, dan masih banyak lagi. Hal ini akan sangat berguna untuk melatih kepemimpinan, bekerja dalam tim, kemampuan menyelesaikan masalah, dan masih banyak lagi.

8. Manajemen waktu

Terakhir yaitu manajemen waktu dengan baik. Selama berkuliah, kamu tidak hanya mengejar akademis saja, melainkan juga mengasah skill lain. Jadi, pastikan kamu dapat membagi waktu untuk setiap kegiatan berdasarkan skala prioritas. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER