Tips Menjaga Kesehatan Mental Agar Lebih Positif dan Tidak Mudah Stres

25 Jun 2024 14:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi aktivitas mengelola emosi. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kesehatan mental juga perlu dijaga selain kesehatan fisik. Pasalnya, kesehatan mental yang baik dapat membantumu menghadapi kesulitan sehari-hari. Bagi kamu yang merasa mudah stress, berikut tips menjaga kesehatan mental yang wajib diketahui.

Menjaga kesehatan mental (mental health) sangat penting dilakukan agar dapat mengendalikan emosinya. Selain itu, kesehatan mental yang baik juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir, mengatasi tekanan, dan menjaga kualitas hubungan dengan orang lain.

Kesehatan mental yang baik (good mental health) adalah kondisi di mana seseorang memiliki kejiwaan dan pikiran yang tenang dan damai. Kondisi tersebut membuatnya berpikir lebih jernih dan fokus saat beraktivitas.

Menurut World Health Organization (WHO), seorang yang sehat secara mental mampu menyadari kemampuannya, menangani stress dalam kehidupan sehari-hari, produktif bekerja, serta dapat berkontribusi untuk lingkungan di sekitarnya.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Simak tipsnya berikut ini!

  • Menghargai diri sendiri

Kamu bisa mulai dengan menghargai diri sendiri. Biasakan untuk memperlakukan dan melihat diri sendiri sebagai individu yang positif. Bersyukur atas hal baik yang terjadi dalam hidupmu, serta hindari terlalu banyak menyalahkan dan membandingkan diri dengan orang lain.

Cara menghargai diri sendiri bisa beragam, tergantung kebutuhan masing-masing. Kamu bisa meluangkan waktu untuk me time atau sekadar menyalurkan hobi.

  • Akui perasaan dan emosi negatif

Tak apa jika kamu merasa sedih, kecewa, atau marah karena itu hal yang normal. Namun, kamu juga perlu meredakannya dengan cara yang positif. Kamu bisa menepi sejenak dan bermeditasi atau melakukan kegiatan lain yang dapat membuatmu tenang.

  • Kelola stress dengan baik

Stress memang akan selalu muncul dalam hidup kita. Mengingat banyaknya tekanan yang sulit dikontrol. Kendati begitu, kamu bisa belajar mengelola stress dengan baik. Misalnya jalan-jalan, mendengarkan lagu, menonton film, atau journaling. Dengan begitu, pikiran bisa lebih tenang dan stress pun mereda.

  • Merawat diri

Merawat diri juga bagian dari menghargai diri sendiri. Pastikan kamu beristirahat cukup, mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, menggunakan skincare, dan lain sebagainya. 

  • Menetapkan tujuan yang realistis

Hidup memang telah diatur oleh Tuhan, tetapi kamu bisa menetapkan tujuan dan target agar hidupmu lebih terarah. Kamu bisa menggali potensi diri dengan tetap berpikir realistis. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan mental karena kamu tidak membuang-buang waktu dan energi untuk sesuatu yang tidak bermanfaat.

  • Membantu orang lain

Membantu orang lain dapat membuat hidupmu lebih berguna. Ini juga sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang dimiliki. Membantu orang lain juga bisa menghindarkan dari rasa kesepian.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER