8 Tips Menyelamatkan Pohon Natal dari Jangkauan Kucing

27 Dec 2023 13:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi macam-macam pohon natal. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Hiasan pohon Natal di dalam rumah memang menarik. Apalagi jika kamu mendekornya dengan konsep tertentu. Namun, jika kamu memelihara kucing, tentu akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Berikut tips menyelamatkan pohon Natal dari jangkauan kucing.

Keberadaan pohon Natal di rumah bisa menjadi sebuah “mainan” baru bagi kucing. Terlebih jika banyak sekali hiasan yang digantungkan di pohon Natal. Terkadang kucing pun akan sangat bersemangat dan menjadikan pohon Natal sebagai tantangan untuk melompat.

Meski begitu, kamu masih bisa menyelamatkan pohon Natal dari jangkauan kucing yang destruktif. Salah satunya adalah membiasakan anak berbulu (anabul) dengan keberadaan pohon Natal. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  • Hias pohon Natal jauh-jauh hari

Kucing harus terbiasa dengan keberadaan pohon Natal di dalam rumah. Kamu bisa melatihnya agar kucing tidak merusak dekorasi pohon Natal atau menjatuhkannya. Gunakan gestur tertentu untuk memberi tanda bahwa kamu tidak suka saat kucing akan menyerang pohon Natal.

  • Amankan kucing saat menghias pohon Natal

Kamu bisa mengamankan kucing terlebih dahulu ketika sedang menghias pohon Natal. Sebaiknya jangan ajak main kucing menggunakan hiasan yang digantung. Hal ini memberi isyarat pada kucing bahwa benda yang kamu pegang adalah mainan. Jika demikian, maka besar kemungkinan kucing akan merusak pohon Natal.

  • Pilih tempat yang aman dari jangkauan kucing

Sebagai pemilik anabul, kamu tentu tahu bagaimana cara mencari tempat yang aman dari kucing. Coba untuk menyisir setiap sudut ruangan sambil melepas si kucing. Dengan begitu, kamu bisa tahu di mana saja kucing biasa jalan-jalan dan menetap.

  • Pilih pohon Natal yang ingin dipasang

Ini juga tak kalah pentingnya yaitu memilih pohon Natal yang akan didekorasi. Kamu bisa memilih antara pohon asli maupun artifisial. Pertimbangkan juga keinginan orang-orang di sekitarmu dan jangka waktunya pun sudah lama sejati.

  • Pilih hiasan yang tidak menarik perhatian kucing

Benda-benda yang bisa menarik perhatian kucing adalah sesuatu yang mengkilat, bergoyang, dan memantulkan cahaya. Kamu bisa mengakali dekorasinya dengan kertas, kain, atau hiasan sederhana lainnya.

  • Pasang hiasan yang mudah rusak di bagian atas pohon

Trik selanjutnya adalah dengan memasang hiasan yang mudah rusak di bagian atas pohon. Kemungkinan kucing tidak akan bisa meraih dekorasi tersebut sehingga benda tetap aman.

  • Mengurangi dekorasi

Sebagian orang memilih tidak menghias ⅓ bagian bawah pohon Natal. Hal tersebut lantaran kucing bisa menjangkau area bawah pohon Natal. Dengan meletakkan dekorasi di area ⅔ bagian atas pohon, kecil kemungkinan kucing bisa mengambil dekorasi yang ada.

  • Alihkan perhatian kucing

Kamu bisa menyimpan stok makanan anabul di ruangan terpisah dari pohon Natal. Dengan begitu, kucing akan lebih tertarik mendapatkan makanan dibanding merusak pohon Natal.

Demikian beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menyelamatkan pohon Natal dari serangan kucing. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER