Tips Terhindar dari Penipuan Dating Apps, Jangan Langsung Mau Bertemu

15 Jan 2023 14:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi dua orang yang bertemu di aplikasi kencan online. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Aplikasi cari jodoh sering dimanfaatkan para jomblo untuk mendapatkan pasangan, tapi sebelum lebih jauh melakukan perkenalan lewat aplikasi online tersebut alangkah baiknya kamu tahu tips terhindar dari penipuan dating apps.

Mengingat saat ini banyak penipuan yang dilakukan lewat aplikasi online, jadi untuk mewaspadainya, simak lebih lengkapnya tips kencan aman tanpa was-was dengan dating app. 

Tampilkan Informasi yang Dibutuhkan

Terkadang banyak orang yang ingin dikenal lebih baik meskipun lewat aplikasi, tapi bukan berarti kamu harus menampilkan semua informasi  tentang dirimu. Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, alamat rumah ataupun tempat kerja. Kamu hanya perlu menampilkan informasi nama panggilan saja untuk tahap awal.

Apalagi sampai menampilkan link profil media sosial seperti Instagram atau Twitter. Hal ini bertujuan agar penipu tidak memanfaatkan akun media sosialmu untuk hal-hal yang tak bertanggung jawab.

Jangan terlalu percaya dengan love bombing

Love bombing atau perhatian yang berlebihan adalah hal yang perlu diwaspadai apalagi komunikasi yang dijalani masih terbilang baru. Terlebih dengan kata buaian yang ia utarakan.

Terlebih kamu juga jangan terlalu percaya dengan apa yang dia ceritakan, biasanya orang yang sudah terbuai dengan gombalan akan melakukan apa saja yang pasangan minta, bahkan sampai mengirimkan uang.

Dari sini kamu harus memberikan batasan tegas apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan kepada pasangan dan sebaliknya apa yang boleh pasangan kamu lakukan ke kamu dan tidak boleh lakukan ke kamu.

Pasang foto profil sewajarnya

Foto profil menjadi salah satu hal penting dalam penggunaan aplikasi kencan, gunakan foto profil aslimu untuk menunjukkan bahwa akun yang kamu miliki bukanlah akun main-main. Tapi sebelumnya pastikan foto yang kamu gunakan masih dalam tahap wajar, tidak berpose dengan pakaian yang terbuka dan gaya sensasional.

Jangan buru-buru kencan offline

Salah satu tips agar terhindar dari penipuan dating apps adalah untuk tidak buru-buru bertemu secara langsung. Pastikan kamu sudah yakin dengan orangnya dan mengenalnya cukup jauh.

Usahakan sebelum memutuskan untuk bertemu, gali informasi tentang teman kencanmu, dan pastikan juga untuk kamu tidak perlu buru-buru pindah ke aplikasi chatting personal misalnya WhatsApp apalagi kencan tatap muka. Lakukan hal tersebut jika kamu sudah yakin. 

Bertemu di tempat umum

Jika sudah benar-benar yakin untuk bertemu, maka usahakan tempat yang dipilih adalah tempat umum atau ramai sehingga jika ada sesuatu kejadian yang tidak diinginkan bisa langsung mencari pertolongan.

Dan sebelum berangkat pastikan untuk memberitahu anggota keluarga atau teman dekat bahwa kamu akan bertemu teman kencan untuk pertama kalinya, jangan lupa juga untuk memberitahu mereka mengenai lokasi, jam serta foto teman kencanmu.

Tidak hanya itu ketika pergi bertemu pastikan pula ponselmu dalam keadaan terisi baterai penuh dan hubungi kontak teman dekat atau anggota keluarga jika terjadi sesuatu.

 

Demikianlah tips untukmu yang hendak bermain aplikasi kencan agar terhindar dari penipuan. Semoga bermanfaat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER