Toilet Transparan Ala Jepang Hadir di Jakarta

10 Jun 2023 12:06 WIB

thumbnail-article

Toilet transparan di Tokyo, Jepang. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Beberapa tahun lalu, keberadaan toilet transparan di Jepang berhasil mencuri perhatian pengguna internet di berbagai belahan dunia. Kali ini, toilet serupa dapat dijumpai di Jakarta, tepatnya di Stasiun BNI City. 

Toilet transparan pertama di Jakarta itu dipersembahkan oleh Jakarta Experience Board (JXB), badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak di bidang perhotelan dan pariwisata. 

Toilet transparan pertama di Jakarta itu terdiri dari empat bilik toilet yang dilengkapi dengan teknologi smart glass

Terdapat tiga toilet standar dan satu toilet khusus untuk penyandang disabilitas dengan ukuran ruangan yang lebih besar. 

Dengan tampilan pintu kaca warna-warni mulai dari biru, merah, hingga kuning, kehadiran toilet transparan di Stasiun BNI City sukses menarik perhatian pejalan kaki. 

Meski memiliki pintu kaca yang transparan, pengguna tidak perlu khawatir soal keamanan dan privasi. Sebab, kaca akan otomatis menjadi buram setelah pengguna mengunci pintu toilet dari dalam. 

Fasilitas lengkap

Toilet berukuran sekitar dua kali dua meter itu memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain kloset yang bersih, ada pula pancuran atau shower yang bisa digunakan untuk mandi. 

Untuk menambah kenyamanan pengguna, tersedia pula sabun cuci tangan, sabun mandi dan sampo, tisu, pengharum ruangan, wastafel, cermin, kipas penyaring udara, hingga pilihan air panas. 

Pengelola toilet transparan juga tidak menetapkan durasi penggunaan toilet. Jadi, pengguna tidak perlu merasa terburu-buru terutama jika hendak menggunakan toilet untuk mandi. 

Tarif Rp5000

Untuk dapat merasakan fasilitas toilet transparan, pengguna harus membayar biaya masuk sebesar Rp5000. 

Harga ini memang dua kali lipat lebih mahal dari toilet berbayar pada umumnya yang rata-rata dipatok dengan harga Rp2000. Namun, harga yang dibayar tentunya sebanding dengan fasilitas yang didapatkan.

Pembayaran dapat dilakukan secara tunai dengan memasukkan uang ke mesin atau secara nontunai dengan memindai kode QR. 

Bagi pengguna yang tidak membawa ponsel maupun uang kecil, pengelola menyediakan fasilitas untuk menukar uang ke dalam pecahan yang lebih kecil. 

Setelah membayar, plang besi akan terbuka dan pengunjung dapat memilih bilik toilet yang diinginkan. 

Toilet transparan Stasiun BNI City beroperasi setiap hari pukul 06.00–15.00 WIB untuk Senin–Kamis dan 06.00–22.00 WIB untuk Jumat–Minggu. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER