Tren Frugal Living, Gaya Hidup Masa Kini yang Cocok Diterapkan Anak Muda

14 Dec 2022 04:12 WIB

thumbnail-article

Frugal Living. Sumber: Unsplash.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: MArgareth Ratih. F

Baru-baru ini istilah frugal living sering terdengar di kalangan anak muda. Dilansir dari situs resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia frugal living secara sederhana sering dimaknai sebagai gaya hidup hemat atau irit terhadap pengeluaran agar dapat menabung lebih banyak, bahkan cenderung dinilai pelit oleh sebagian orang.

Namun, bagi sebagian orang frugal living juga diartikan sebagai konsep di mana seseorang mengalokasikan dana yang dimiliki dengan kesadaran penuh (mindfull), dengan pertimbangan dan analisis yang baik disertai dengan strategi pencapaian tujuan keuangan masa depan yang jelas.

 

Berikut beberapa langkah yang dapat diambil untuk menerapkan konsep frugal living:

  • Hindari hutang konsumtif

Hutang konsumtif dapat berupa membeli barang konsumtif yang sejujurnya tidak perlu bahkan tidak berfungsi dengan baik, yang dibeli dengan sistem kredit. Apabila hal tersebut diberlakukan secara terus menerus, maka kondisi keuangan akan kacau lama kelamaan.

  • Memiliki pandangan hidup tidak hanya untuk saat ini

Dengan memiliki pandangan hidup tidak hanya untuk saat ini, maka segala  sesuatu yang dibutuhkan akan tercukupi sebagaimana mestinya dan tidak kekurangan

  • Membuat rencana pengeluaran

Salah satu langkah yang dapat diambil untuk menerapkan frugal living adalah membuat rencana pengeluaran. Dengan membuat rencana pengeluaran, biaya yang akan dikeluarkan menjadi tertata dan jelas. Sehingga uang yang akan dipakai untuk menabung juga jelas.

  • Selalu analisis kebutuhan dan keinginan

Sebelum membeli sesuatu, biasanya orang dengan prinsip frugal living akan menganalisis kebutuhan dan keinginan yang diperlukan. Sehingga nantinya, orang dengan prinsip ini dapat menghindari barang yang memang tidak diperlukan, atau sebatas barang keinginan. 

 

Perbedaan hidup minimalis dan frugal living

Meski sering dikaitkan, hidup minimalis dan frugal living ternyata berbeda. Berikut perbedaan antara hidup minimalis dan frugal living:  

 

Hidup Minimalis

Frugal Living

Fokus pada living object

Tidak hanya fokus pada living object

Fokus pada jumlah uang yang digunakan

Jumlah uang yang telah dirinci dapat diubah dengan flexible.

Condong pada memberi batasan terhadap pembelian berdasarkan pengalaman.

Condong pada belanja dalam jumlah besar namun murah.

 

Demikian informasi berkaitan dengan frugal living. Pada dasarnya frugal living menerapkan konsep hidup hemat, sederhana, agar dana yang ada dapat dipakai di masa depan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER