Turnitin: Pengertian, Fungsi dan 2 Tips Lolos Pengujian

2 Jan 2023 18:01 WIB

thumbnail-article

Logo Turnitin. Sumber: turnitin.com.

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi kamu yang sedang berada di bangku kuliah atau akrab dengan karya ilmiah pasti sudah tidak asing dengan Turnitin. Mungkin sebagian orang belum pernah mendengar apa itu Turnitin, namun bagi kamu yang masih di bangku kuliah pasti di universitas tertentu menggunakan program ini sebagai pengujian keaslian karya ilmiah.

Memang benar Turnitin erat kaitannya dengan penulisan karya ilmiah dan plagiasi, namun apa itu Turnitin? Pada artikel ini akan dikupas tuntas tentang Turnitin. Yuk disimak!

Apa itu Turnitin?

Dalam makalahnya tentang “Cek Plagiasi Turnitin” yang diterbitkan Universitas Jember, Khairul Anam Ph.D. mendefinisikan Turnitin sebagai sistem pemeriksa berbayar untuk mengecek keberadaan plagiasi pada karya tulis atau ilmiah secara otomatis. 

Menurut laman resmi perpustakaan Monash University Australia menjelaskan bahwa Turnitin adalah perangkat lunak pencocokan teks yang memeriksa karya tulis terhadap teks elektronik dari internet. Teks elektronik ini berisi artikel jurnal, buku, dan tugas-tugas sebelumnya yang diserahkan oleh pengajar atau universitas ke dalam Turnitin. Turnitin sendiri disediakan oleh perusahaan eksternal yang lantas menjual lisensinya pada universitas-universitas untuk menggunakannya secara internal.

Dalam laman resminya yaitu Turnitin.com menyebutkan bahwa misi utama mereka adalah memastikan integritas pendidikan global dan secara bermakna hendak meningkatkan hasil pembelajaran. Dengan program perangkat lunak ini pengecekan karya ilmiah mampu mendetail hingga perkata. Melalui perangkat lunak ini Turnitin ingin meningkatkan integritas antarpenulis ilmiah atau peneliti lewat para pelanggan mereka yaitu universitas atau lembaga pendidikan tinggi.

Fungsi Turnitin

Laman blog dari Queen Mary University of London menyebutkan bahwa Turnitin secara umum berfungsi sebagai sebuah sistem plagiarisme berbasis situs jejaring (web) yang digunakan oleh berbagai universitas. Berikut ini adalah fungsi utama Turnitin.

  • Bertindak untuk mencegah plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah/tulis.
  • Memberikan laporan yang dapat membantu mengidentifikasi terjadinya plagiarisme.
  • Memberikan mahasiswa atau peneliti beberapa identifikasi terkait plagiarisme dan poin-poin tulisan yang perlu diperbaiki agar tidak memungkinkan adanya plagiarisme.
  • Meningkatkan kualitas karya tulis, karya ilmiah, atau tulisan akademis dalam suatu ekosistem pendidikan tinggi. 

2 tips lolos Turnitin

Berikut ini adalah 2 tips lolos dari pengecekan Turnitin

  1.     Lampirkan sumber

Tips yang pertama, kamu harus mencantumkan sumber yang kamu dapat atau kamu gunakan dalam karya ilmiahmu atau yang lainnya. Sebagai peneliti dan mahasiswa jika kamu ingin melampirkan sumber referensi harus ditulis secara lengkap tanpa terkecuali. Jika kamu telah tepat dan teliti menulis referensi ini bisa dipastikan bahwa karya tulismu akan lolos uji Turnitin.

  1.     Jangan menjiplak

Cara yang kedua adalah jangan menjiplak. Menjiplak adalah mencuri karangan orang lain dan mengakuinya sebagai karangan sendiri atau mengutip karangan orang tanpa izin dari penulis aslinya. Bisa dipastikan tulisan atau karya ilmiah itu penuh dengan jiplakan yang tidak akan lolos uji Turnitin

Oleh karena itu usahakan untuk mencoba memahami sumber dan referensi untuk kemudian ditulis ulang dengan cara parafrase. Dengan teknik tersebut maka kamu akan lolos dari uji Turnitin.

 

Demikian adalah pengertian dari Turnitin hingga tips lolos uji plagiasi di Turnitin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER