Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023 dari BPIP dan Cara Buatnya

30 Mei 2023 15:05 WIB

Narasi TV

Poster peringatan Hari Lahir Pancasila 2023. Sumber: setjen.kemendikbud.go.id.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Tanggal 1 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Presiden Soekarno menyampaikan pidato yang kemudian menjadi konsep awal dasar negara Indonesia. 

Hari Lahir Pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni sejak tahun 2016 berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. 

Tema besar Hari Lahir Pancasila 2023

Berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, tema besar Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yaitu “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. 

Dalam pedoman tersebut, turut dirilis logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 berupa burung garuda di dalam lingkaran.

Burung garuda menandakan simbol negara atau Pancasila, sementara bentuk lingkaran mempresentasikan Bola Dunia sebagai wujud peradaban dunia.

Sayap burung garuda yang berjumlah lima helai menandakan kelima sila dalam Pancasila. Selain itu, ada pula ikon masyarakat berpegangan tangan yang melambangkan semangat gotong royong dari peradaban manusia serta logo panah ke atas yang menandakan pertumbuhan global. 

Membagikan twibbon

Dalam Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, BPIP juga membagikan twibbon peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Masyarakat dapat mengakses twibbon Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 dari BPIP melalui tautan berikut.

Jika ingin lebih mudah, Anda juga bisa mengedit twibbon melalui laman web Twibbonize. Terdapat tiga jenis twibbon yang bisa diakses melalui tautan berikut:

  1. https://www.twibbonize.com/03-harlahpancasila2023 
  2. https://www.twibbonize.com/02-harlahpancasilabpip
  3. https://www.twibbonize.com/01-harlahpancasila2023

Berikut ini cara mengedit twibbon melalui Twibbonize:

  • Pilih salah satu twibbon yang diinginkan dengan mengeklik tautan di atas.
  • Anda akan diarahkan ke laman web Twibbonize. Gulir ke bawah sampai menjumpai tombol “Pilih Foto” atau “Choose a Photo”, lalu klik.
  • Pilih foto yang diinginkan dari galeri, lalu klik “OK”.
  • Foto yang dipilih akan muncul di twibbon. Sesuaikan letak foto dengan menggeser dan memotong (crop).
  • Jika sudah, Anda dapat mengeklik tombol “Download” untuk menyimpan twibbon ke galeri. Twibbon dapat diunggah ke media sosial atau dijadikan sebagai foto profil untuk memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR