15 Ucapan Hari Kartini 2024, Bijak dan Menginspirasi

21 April 2024 09:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi Kartini dalam sampul buku "Habis Gelap Terbitlah Terang" koleksi Perpustakaan Jakarta-PDS HB Jassin yang diterjemahkan oleh Armijn Pane. Sumber: ANTARA/HO-Perpustakaan Jakarta PDS HB Jassin/aa.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Tanggal 21 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kartini. Hari besar nasional ini dipilih berdasarkan hari lahir RA Kartini yang merupakan salah satu Pahlawan Kemerdekaan Nasional. 

Peringatan Hari Kartini tidak dapat dipisahkan dari semangat kesetaraan gender dan perjuangan untuk memenuhi hak-hak perempuan di Indonesia. 

Hari Kartini dirayakan dengan mengangkat kembali semangat perjuangan RA Kartini dalam mengangkat derajat dan memperjuangkan masa depan yang lebih cerah bagi kaum wanita. 

Semangat-semangat ini biasanya tertuang dalam berbagai ucapan Hari Kartini yang mengandung pesan-pesan bijak dan menginspirasi. 

Menjelang Hari Kartini 2024, berikut sejumlah ucapan Hari Kartini yang bisa dibagikan kepada ibu, istri, guru, teman, dan seluruh perempuan di Indonesia. 

15 Ucapan Hari Kartini 2024

  1. Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan Indonesia. Terus jaga nyala api perjuangan dan semangat emansipasi wanita. Jadilah perempuan merdeka!
  2. Perempuan-perempuan masa kini, teruslah bermimpi. Jadilah berdikari, sebagaimana cita-cita RA Kartini. Selamat Hari Kartini!
  3. Tetaplah menjadi pelita, wahai perempuan-perempuan Indonesia di mana pun berada. 
  4. Perempuan adalah salah satu pilar penyokong bangsa. Kontribusi perempuan dalam sejarah perjuangan tak dapat dipandang sebelah mata. Selamat Hari Kartini, semoga kerja-kerja perempuan semakin luas diakui. 
  5. Selamat Hari Kartini bagi seluruh anak perempuan, saudara perempuan, istri, ibu rumah tangga, perempuan pekerja, dan perempuan-perempuan lainnya. Hari ini, kita semua dirayakan. 
  6. Jangan biarkan kegelapan kembali datang, jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena. (RA Kartini).
  7. Perempuan yang pikirannya telah dicerdaskan, pemandangannya telah diperluas, tak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya. (RA Kartini). 
  8. Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa bahagia baginya. (RA Kartini). 
  9. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. (RA Kartini).
  10. Ia tidak wajib patuh kepada siapapun, siapapun juga, kecuali terhadap suara batinnya, hatinya. (RA Kartini).

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR