Unhinged, Situasi Tertekan yang Rentan Dialami Siapa Saja

17 Januari 2023 16:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang mengalami unhingeds

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Istilah unhinged banyak ditemui di kolom komentar media sosial belakangan ini. Bukan cuma bahasa gaul, unhinged ini sebenarnya memiliki arti khusus yang diambil dari bahasa Inggris.

Unhinged juga menjadi judul film tahun 2020 yang disutradarai oleh Derrick Borte dan diperankan oleh Russell Crowe. Kabarnya, film ini akan tayang di Bioskop Trans TV malam ini pukul 23.45 WIB.

Jika dalam film, sikap unhinged digambarkan sebagai seseorang yang tega membunuh keluarga seseorang yang pernah membuatnya marah, lantas apa sebenarnya arti unhinged itu?

Definisi Unhinged

Menurut Kamus Merriam-Webster, unhinged merupakan situasi di mana seseorang merasa sangat terganggu, tidak stabil, dan putus asa. Hal ini tentu berkaitan dengan kondisi mental seseorang.

Dalam film Unhinged juga diceritakan bagaimana seseorang bernama Tom Cooper meneror dan menghabisi seorang perempuan bernama Rachel. Peristiwa ini terjadi setelah insiden di jalan raya yang melibatkan Tom Cooper dan Rachel.

Istilah ini memang jarang digunakan. Seseorang yang tergolong unhinged adalah mereka yang merasa bingung, panik, dan tertekan. Unhinged berlebih dapat membuat seseorang merasa tidak terkendali. Satu-satunya cara untuk mengontrol unhinged adalah dengan menenangkannya.

“Unhinged” dalam film

Tom Cooper diceritakan sebagai seseorang yang memiliki gangguan mental. Ia membunuh mantan istrinya dan membakar rumahnya hingga terjadi ledakan cukup besar. Tak berhenti di situ, Tom juga mengejar seseorang bernama Rachel karena membuatnya kesal ketika di jalan raya.

Awal dari semua masalah yang ada dapat dikatakan sepele. Pasalnya, Rachel Flynn hanya ingin mengantarkan anaknya ke sekolah, namun ia terjebak macet di lampu merah. Rachel pun membunyikan klakson berkali-kali karena buru-buru. Sayangnya, pengendara di depan Rachel adalah Tom yang memiliki gangguan mental dan merasa terganggu dengan tindakan Rachel.

Intinya, seseorang yang mengalami unhinged akan melakukan berbagai cara agar ia bisa membalaskan dendam pada seseorang yang mengganggunya. Tak jarang yang dilakukan pun dapat tergolong tindakan kriminal.

Cara meredam unhinged

Jika kamu atau orang di sekitarmu merasa sedang di situasi unhinged, maka cara pertama yang dapat dilakukan adalah mengontrol emosi. Unhinged bisa jadi dipicu juga dari emosi yang tidak stabil.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol emosi agar lebih stabil:

  1. Tarik napas dan hembuskan secara perlahan
  2. Jangan berbicara karena kata-kata yang keluar bisa jadi bermakna negatif bagi orang lain
  3. Menarik diri dari aktivitas untuk berhenti sejenak
  4. Berolahraga
  5. Mendengarkan musik
  6. Tidur agar lebih tenang


Unhinged dapat dialami oleh siapa saja. Namun yang terpenting adalah berusaha untuk mengatur emosi dan menarik diri jika merasa terganggu dengan suasana sekitar.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR