Update Arus Mudik: BMKG Imbau Pengemudi Waspada Hujan Deras di Jalan Tol Trans Jawa

9 April 2024 13:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang warga menyeberangi Jalan Laksda Adisucipto saat hujan lebat mengguyur Kota Yogyakarta. (Sumber: ANTARA/ Wahyu Putro A)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar para pemudik menjaga laju kecepatan saat melintas di Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta-Cikampek. Sebab, mendung dan kabut menyelimuti jalan dan diprediksi akan turun hujan pada siang hari.

Mengutip Antara, suasana kabut tipis tampak menyelimuti jalan yang mengarah pada pintu gerbang tol (GT) Cikampek Utama KM 69 pada Selasa (9/4/2024). Hal ini mengganggu jarak pandang pengendara sehingga perlu berhati-hati.

Pada siang hari, diperkirakan akan turun hujan intensitas sedang yang disertai petir. Oleh karena itu, pengendara diminta untuk tetap berhati-hati karena jalan akan lebih licin saat hujan turun.

Sampai saat ini, arus lalu lintas terpantau ramai lancar. Sebanyak 6.962 unit kendaraan melintas di GT Cikampek Utama per Selasa (9/4) pagi pukul 07.06 WIB. Hal ini berdasarkan data petugas Jasamarga Transjawa Tol GT Cikampek Utama.

Jumlah ini mengalami penurunan dibanding Senin (8/4/2024) malam. Berkurangnya volume kendaraan dapat membuat pengendara lebih leluasa dalam memanfaatkan lalu lintas. Ini menyebabkan timbulnya keinginan untuk meningkatkan laju kendaraan yang tidak direkomendasikan kepolisian lalu lintas. 

Tips berkendara di tol saat hujan

Cuaca ekstrem cukup berbahaya bagi orang yang masih harus bepergian. Bahkan dapat berisiko membuat orang celaka, terlebih jika yang dilewati adalah jalan tol. Berbagai faktor penyebabnya mulai dari jarak pandang terbatas, jalan yang licin, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, pengemudi diminta tetap waspada dan bisa mengendalikan kecepatan dan kendaraan. Mengingat bahwa ban kendaraan jadi mudah selip saat hujan. Pengemudi juga harus memperhatikan jarak aman saat melakukan pengereman.

Kendaraan yang melintas saat hujan juga rentan mengalami aquaplaning. Aquaplaning sendiri merupakan kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan pada permukaan jalan saat melintasi genangan air hujan di permukaan jalan.

Aquaplaning bisa menyebabkan pengemudi kehilangan kendali dan merusak kendaraan. Hal ini dapat membuat risiko kecelakaan menjadi lebih tinggi karena sulit menghindari kendaraan lain atau rintangan di sekitarnya.

Berikut tips mengemudi saat hujan di jalan tol:

  • Kurangi kecepatan menyesuaikan dengan kondisi cuaca di jalan tol.
  • Periksa kondisi ban secara rutin seperti tekanan udara, kedalaman alur, dan tanda-tanda aus.
  • Ganti ban yang aus karena daya cengkramannya akan menurun.
  • Hindari genangan air.
  • Jaga jarak aman dengan kendaraan lainnya.
  • Hindari melakukan pengereman mendadak.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR