Update Mudik Lebaran 2024: Kemenhub Perkirakan 1.236 Penerbangan Berlangsung Selama Puncak Arus Balik

12 Apr 2024 16:04 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi sejumlah pesawat udara terparkir di apron Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Sumber: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Penulis: Rizal Amril

Editor: Indra Dwi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa pihaknya memprediksi lonjakan penerbangan pada puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada tanggal 14 dan 15 April 2024.

Lonjakan arus balik tersebut, kata Menhub, diperkirakan mencapai sekitar 1.236 penerbangan dengan jumlah penumpang mencapai 1,246 juta orang.

"Karena jumlah yang akan datang itu terjadi pada hari Senin, itu pasti melebihi 1,246 juta [penumpang]," katanya pda Jumat (12/4/2024).

Dengan perkiraan lonjakan jumlah penumpang tersebut, Menhub mengimbau seluruh maskapai penerbangan agar mempersiapkan diri dengan baik.

"Jadi semua maskapai harus mempersiapkan diri dengan bekerja sama secara masif," katanya.

Selain maskapai penerbangan, Budi Karya Sumadi juga meminta seluruh jajaran Angkasa Pura II sebagai otoritas pengelola bandara untuk meningkatkan pelayanan selama arus balik Lebaran.

"Harus sama-sama saling mengisi, kami juga mengingatkan di mudik tahun ini biasanya banyak barang di sektor bagasi," ujar Menhub Budi Karya.

Lakukan pengecekan kesiapan layanan bandara

Pada Jumat, Menhub Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan pelayanan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banteng jelang arus balik Lebaran 2024.

Menhub mengecek sejumlah fasilitas layanan di Terminal 1 Bandara Soetta, termasuk posko terpadu layanan mudik yang didirikan di sana.

Menurutnya, jelang arus balik Lebaran tahun ini, secara umum semua prosedur penerbangan di Bandara Soetta dilakukan dengan aman dan terkendali. Fasilitas yang ada pun dapat berfungsi optimal.

Budi Karya Sumadi juga mengingatkan pengelola bandara agar terus memberikan pelayanan yang optimal seperti pada puncak arus mudik lalu.

Selain itu, ia juga mengimbau para pemudik agar mempersiapkan perjalanan balik dengan memperhitungkan volume kepadatan pemudik lain.

"Saya anjurkan kepada masyarakat untuk mudik balik itu harus besok, jangan Minggu dan Senin [karena padat]. Namun, kami akan menjalankan dan mempersiapkan sesuatu dengan baik," tuturnya.

Sumber: ANTARA

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER